Kirobo Mini, Robot untuk Para Jomblo dari Toyota

Berita Otomotif

Kirobo Mini, Robot untuk Para Jomblo dari Toyota

TOKYO – Beberapa tahun lalu, Toyota merilis sebuah robit berukuran 13,4 inchi bernama Kirobo. Robot ini memiliki kemampuan untuk berbicara dan diciptakan pertama kali sebagai bagian dari ujicoba ‘percakapan manusia dengan robot’.

Ketika itu, Kirobo dibawa Commander Koichi Wakata ke International Space Station. Kini, Toyota berencana untuk memberi akses pada masyarakat Jepang untuk memiliki teman berkominuikasi dengan Kirobo Mini.

Robot menggemaskan berukuran 4 inch ini diharapkan dapat menjadi pendamping dengan kemampuan berbincangnya yang ramah. Dengan ukurannya yang kecil, maka Kirobo Mini bisa dibawa dengan mudah di tangan dan menjadi pasangan sempurna untuk perjalanan panjang.

Artikel bersambung dibawah

Ketika sedang terlibat dengan percakapan dengan seseorang, maka kepala robot akan menjadi speaker dan dapat terlibat pada percakapan santai. Kamera yang terdapat pada robot telah dirancang untuk dapat mengenali ekspresi wajah lawan bicara dan menyesuaikan nada serta gerakan untuk mencocokkan percakapan.

Menariknya lagi, Kirobo Mini dapat menggerakkan kepala dan tangannya. Robot juga dapat terhubung dengan beberapa perangkat seperti mobil dan mengambil informasi dari sana. Dengan demikian, Ia dapat mengetahui lokasi kendaraan dan jumlah perjalanan Anda. Informasi tersebut dapat Ia gunakan untuk membuat percakapan yang lebih personal seperti ‘Perjalanannya jauh ya?’.

Kirobo mini telah dilengkapi dengan Bluetooth untuk dihubungkan dengan smartphone melalui aplikasi khusus. Dealer Toyota di Tokyo dan Aichi akan menjadi dealer pertama yang menjual robot ini. Rencananya, tahun depan Toyota baru menjual robot ini ke seluruh Jepang. Robot ini dihargai $391 atau setara Rp 5 juta.

Dilansir dari Autoblog, Toyota mengembangkan robot ini karena prihatin dengan menurunnya jumlah kelahiran anak di Jepang. Selain itu, ada banyak orang yang tinggal sendirian dan membutuhkan teman sehingga robot tersebut diharapkan bisa menjadi teman bagi mereka.

Hingga saat ini, tidak ada kabar apakah robot tersebut akan dijual ke negara lain seperti Indonesia. Namun bila benar dijual di luar Jepang, Indonesia misalnya, maka para jomblo di perkotaan tidak akan kesepian. Cukup beli Kirobo Mini dan mereka bisa kondangan bersama ‘pasangan baru’.

[Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123                                                                                               
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support