Kia Perkenalkan Sistem Transmisi Terbaru

Berita Otomotif

Kia Perkenalkan Sistem Transmisi Terbaru

SEOUL – Kia telah berhasil mengembangkan sistem transmisi otomatis 8-kecepatan untuk kendaraan mereka dengan sistem penggerak roda depan.

Unit transmisi ini memiliki nama FWD 8AT, mulai dibuat in-house oleh para desainer dan engineer mereka. Kia mengklaim bahwa sistem transmisinya kini memiliki kelebihan yang dibutuhkan oleh kendaraan-kendaraan modern. Yakni responsif, halus dalam perpindahan gear dan juga dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Kia juga menyebutkan bahwa transmisi 8-kecepatan ini memiliki dimensi kompak dan bobot ringan. Dibanding transmisi 6-kecepatan versi terdahulu, bentuknya masih relatif sama namun bobotnya kini lebih enteng 3.5 Kg.

Mereka telah mengembangkannya sejak tahun 2012 dengan mendaftarkan 143 paten atau hak cipta untuk transmisi baru ini. FWD 8AT mulai digunakan pertama kali nantinya pada Kia Cadenza produksi tahun 2017 dan akan dikombinasikan dengan mesin V-6 3.3-liter GDI.

Ke depan, pabrikan asal Korea Selatan ini akan menginstalnya pada model-model kendaraannya yang lain. Khususnya bagi model yang memiliki kapasitas mesin menengah dan besar serta dengan sistem penggerak roda depan.

Tantangan dalam pengembangan transmisi ini adalah bagaimana cara memperkecil ukuran oil pump.  Bagian ini ditengarai menjadi penyebab tereduksinya banyak tenaga seperti yang terjadi pada transmisi sebelumnya.

Lainnya adalah membuat kompak struktur dari bodi valve. Engineer Kia menyebutkan kini menggunakan hanya 12 valve dibanding pada transmisi sebelumnya menggunakan 20 valve. Hal ini disebutkan mampu membuat respon perpindahan gear lebih cepat. 

Tak lupa perubahan besar juga terjadi pada rasio antara gear tertinggi dan rendah, Jika dibandingkan dengan transmisi sebelumnya yang meningkat hingga 34 persen. Ini membuat transmisi baru jauh lebih ekonomis dalam konsumsi bahan bakar, tidak berisik dan minim getaran serta cocok digunakan untuk beragam kondisi pengendaraan. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support