Kencan Singkat Bersama New Toyota Agya 1.2

Review

Kencan Singkat Bersama New Toyota Agya 1.2

JAKARTA - New Toyota Agya 1.2 tentunya memiliki banyak improvement dibandingkan generasi sebelumnya. 

PT Toyota Astra Motor (TAM) beberapa waktu lalu secara resmi meluncurkan generasi terbaru dari Toyota Agya. Hal ini dilakukan setelah kurang lebih LCGC andalan mereka "menghantam" pasar Indonesia.

Menjadi menarik adalah tambahan pilihan mesin. Kini konsumen tidak hanya dapat memilih mesin 3 silinder 1.0 liter karena terdapat pilihan lain dengan konfigurasi 4 silinder berkapasitas 1.2 liter.

TAM selanjutnya mengajak melakukan kencan singkat di sela-sela pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 khusus kepada awak media termasuk Mobil123.com. Dan sebelum mulai bercengkrama, ada baiknya kita cermati ubahan yang ada di ekterior dan interior.

Sejatinya tidak terlalu sulit untuk meng-update tampilan Toyota Agya. Dengan modal dimensi yang proporsional bagi sebuah hacthback para desainer cukup bermain aman untuk mengubah tampilan yang lebih menarik dari generasi sebelumnya.

Intinya, cerita ini bakal berbeda jika tampilan dasar mobil yang sedikit berani seperti misalnya Suzuki Ignis. Dengan buritan yang khas, mungkin tidak mudah untuk mengubah tampilannya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bisa jadi ubahan tersebut akan terlihat aneh jika dibandingkan tampilan sebelumnya.

Disini, tampak tim desainer hanya perlu memberikan aksen pada beberapa bagian dan akhirnya terbukti menghasilkan finish product yang lebih menarik dari generasi sebelumnya.

Secara umum bahasa desain Keen look mendominasi tampilan New Agya. Terpancar melalui desain grille dan headlamp baru yang jauh lebih agresif serta kental dengan model Toyota terkini. Sementara tampilan buritan tampak lebih kokoh, menarik dengan penambahan roof spoiler dan desain baru pada bemper belakang.

Masuk ke dalam kabin, terdapat beberapa titik up-date pada interior new Agya. Mulai dari jok depan berkontur semi bucket, 2 DIN audio with bluetooth, steering switch serta fabric door trim. Lainnya, kini mobil ini dilengkapi immobilizer key dan juga rear central headrest serta 3 point seat belt dengan buzzer.

"Quicky" atau first drive singkat yang Mobil123.com lakukan bersama new Toyota Agya 1.2 di kawasan wisata Ancol menghasilkan beberapa catatan.

Dimulai dari sistem insulasi kabin sudah sedikit lebih baik dari versi sebelumnya. Dan penggunaan mesin dengan konfigurasi 4 silinder tentunya memiliki getaran yang lebih halus dibandingkan versi 3 silinder. 

Dengan jarak tempuh terbatas, di seputaran Taman Impian Jaya Ancol, tentunya mustahil untuk memaksimalkan kemampuan mesin. Namun Mobil123.com bisa sedikit merasakan respon di putaran rendah dari mesin yang memiliki tenaga puncak 86 hp pada 6.000 rpm dan torsi 108 Nm di putaran 4.200 rpm.

Untuk versi transmisi otomatis, respon tenaga mesin terasa cukup baik pada putaran menengah. Perpindahan gear juga tergolong halus. Dan Anda butuh sedikit momentum untuk melakukan akselerasi singkat dengan menjaga putaran mesin.

Sementara versi transmisi manual, rasanya Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi. Paling hanya perlu menyesuaikan angkatan kaki kiri pada pedal kopling yang sedikit tinggi. Dengan waktu tak terlalu lama dapat dipastikan siapa pun dapat memaksimalkan kemampuannya. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123    
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual