Kenali Risiko Saat Upgrade Ban Yamaha Nmax

Panduan Pembeli

Kenali Risiko Saat Upgrade Ban Yamaha Nmax

JAKARTA – Mengganti ban Yamaha Nmax dengan profil lebih besar bukanlah tanpa risiko, penting untuk mengetahui dampak yang dapat ditimbulkan.

Sebagai skuter matik (skutik) yang populer di pasaran, pemilik Yamaha Nmax dimanjakan dengan banyaknya ragam aksesori yang ditawarkan. Mulai dari hanya pendukung penampilan, hingga performa kendaraan.

Salah satu perangkat pendukung yang banyak dicari konsumen adalah ban. Si karet bundar yang berhubungan dengan handling dan performa kendaraan ini tersedia dalam beberapa ukuran. Tidak hanya itu, pilihan merek juga bertebaran di pasaran.

Pada umumnya pemilik maupun pengguna skutik bertubuh gambot ini menaikkan ukuran ban dari versi pabrikan. Meskipun ukuran standarnya sudah cukup besar (110/70-13 depan, 130/70-13 belakang), namun masih banyak konsumen melakukan upgrade ban kendaraan.

Para pemilik Yamaha Nmax ditawarkan berbagai model ban yang tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Adapun harga yang dilepas ke pasaran juga beragam. Ada produk impor yang memiliki harga selangit, namun belakangan juga ada pabrikan lokal yang menyajikan harga cukup bersahabat.

Dengan bertambahnya ukuran ban depan maupun belakang, hal pertama yang didapatkan adalahnya bertambahnya traksi ban ke jalan. Pengendara akan merasa lebih percaya diri dalam melakukan manuver.

Seperti disebutkan di atas, ubahan pada roda kendaraan juga dapat meningkatkan penampilan. Motor Yamaha Nmax akan terlihat lebih sporty dengan penggunaan ban lebih lebar dari versi pabrikan.

Namun dibalik modifikasi pada bagian paling bawah dari kendaraan tersebut, terdapat risiko menghantui pemilik maupun pengguna motor. Roda yang bertambah besar ukurannnya tentu akan senada dengan bobot meningkat.

“Jika menggunakan material yang sama saja paling tidak bobot ban akan bertambah 600 gram. Kalau ban belakang menggunakan ukuran 150/70-13 dan depan 120/70-13, profil ban menjadi donut dan tentunya ketinggian motor akan bertambah sekitar 1,2 cm,” ujar Brand Manager ban Corsa, Salomon Manalu.

Lebih lanjut dengan melakukan penambahan ukuran ban pada Yamaha Nmax, handling kendaraan akan berubah. Meskipun hasilnya berbeda-beda bagi postur tubuh pengendara, salah satu yang dipastikan Slamet Kasianom selaku Senior Technical YIMM adalah berubahnya distribusi berat kendaraan.

“Buat handling tentunya akan berpengaruh. Pengendara yang bertubuh tinggi akan merasa lebih nyaman. Motor juga tidak mentok ketika terkena lubang. Tapi yang pasti adalah titik berat kendaraan akan berubah jadi rasanya akan beda,” ujar Slamet.

Menggunakan ban yang notabene lebih besar dari standar pabrikan, seperti dikatakan sebelumnya akan menambah bobot si karet bundar sekaligus kendaraan. Hal ini akan berpengaruh pada tenaga motor yang berkurang.

“Menggunakan ban yang lebih besar tentunya akan berimbas pada akselerasi. Tarikan motor akan terasa menjadi lebih berat. Memang top speed bisa bertambah dengan ban ini tapi naiknya lama,” jelas Slamet.

Menurutnya penggunaan ban yang ideal pada ban belakang Yamaha Nmax maksimal adalah 150/60-13. Ini dianggap ideal karena ketinggian kendaraan tidak berubah terlalu jauh dari versi pabrikan.

Mengganti ban lebih besar juga dikatakan memberi pengaruh pada odometer. Analoginya jika jarak dari rumah ke kantor sebelumnya 30 kilometer, setelah melakukan ubahan akan menjadi sedikit lebih jauh. Bertambahnya ukuran ban juga disebut-sebut berpengauh pada maintenance kendaraan.

“Dengan kilometer yang lebih cepat dicapai dan berat yang bertambah pastinya akan berpengaruh pada umur pakai beberapa parts. Sebut saja bearing, suspensi atau as roda. Beberapa komponen pasti akan lebih cepat rusak,” kata Slamet.

Ukuran ban yang lebih besar juga memberi dampak pada stabilitas kendaraan. Motor akan menjadi goyang jika kedapatan kondisi kurang angin. Manuver juga lebih berat saat ban tidak dalam kondisi optimal.

“Idealnya jika pakai ban dengan kompon sama, meskipun dengan ukuran lebih besar, tekanan angin (psi) tetap sama,” tutupnya. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual