Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Etios Valco, Harga Lebih Murah dari LCGC Tapi Menang Banyak

Panduan Pembeli

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Etios Valco, Harga Lebih Murah dari LCGC Tapi Menang Banyak

Etios Valco diperkenalkan pertama kali pada Maret 2013. Mobil ini hadir mengisi segmen city car dan bertarung dengan Mitsubishi Mirage hingga Honda Brio. Nama Etios datang dari bahasa Yunani, yaitu ethos yang bermakna bersemangat, berkarakter, serta ideal.

Toyota Etios Valco masuk kategori small hatchback atau kerap juga disebut sebagai city car. Secara posisi, Toyota Etios Valco berada di posisi tengah antara Agya-Ayla dan Yaris.

Namun, Valco itu sendiri kependekan dari Value (nilai) dan Comfort (kenyamanan). Nama Valco juga diambil dari Etios Valco datang dari bahasa italia falcon yang mempunyai makna burung elang. 

Burung elang dikenal sebagai hewan yang tangguh, senang berpetualang, serta menjelajah. Makna ini diharapkan cocok dengan karakter Etios Valco yang tangguh dan lincah saat menjelajah. 

Mobil ini hanya berusia sekitar lima tahun di pasar otomotif nasional. Ini karena pada Oktober 2017 PT Toyota Astra Motor telah menutup seluruh penjualan Etios Valco. Mereka beralasan bila penjualan mobil ini terus berkurang setiap tahun karena minat konsumen semakin sedikit. 

Kali ini kami akan membahas kelebihan dan kekurangan Toyota Etios Valco yang perlu kalian ketahui. 

Kelebihan Toyota Etios Valco, Kabin yang Luas Walau Dimensi Mungil 

mobil-etios-valco.png

Etios Valco menjadi alternatif pilihan bagi konsumen menginginkan Yaris namun terbentur dengan harga yang belum terjangkau. Keunggulan yang dimiliki Toyota Etios Valco ialah daya tampung serta akomodasi yang cukup memadai. 

Penjualan Etios Valco sempat banyak diminati masyarakat pada awal kehadirannya. Alasannya, mobil ini punya harga lebih murah dibandingkan Toyota Yaris tapi dengan kabin hampir sama luasnya. 

Padahal diimensinya pun mungil, karena Etios Valco hanya memiliki panjang 3.775 milimeter, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 milimeter.

Bila dibandingkan dengan Agya-Ayla, interior terutama di baris kedua untuk ruang gerak bebasnya lebih besar dan hampir menyerupai Yaris Bakpao Selain itu, bagasi mobil ini juga juga cukup luas dengan kapasitas mirip seperti Honda Jazz generasi pertama. Dengan begitu kalian akan merasa dimudahkan ketika membawa barang dengan kapasitas cukup banyak.

Etios Valco tersedia dalam tiga tipe yakni J, E hingga G. Berikut ini perbedaan fitur dari ketiga tipe di Etios Valco

Etios Valco J, Tipe Termurah dengan Fitur Sederhana

Pada Toyota Etios Valco J yang merupakan entry level, dirancang agar mobil ini lebih ekonomis. Tipe J memiliki fitur AC yang sudah jadi standar. 

Etios J telah dibekali dual SRS airbag, steel wheel (velg kaleng) 14 inch, front seatbelt dengan pretensioner dan force limiter, seat belt warning, adjustable front headrest, lampu depan halogen, lampu sein di fender, sun visor plus cermin, 7 cup holder, coin dan card holder.

Etios Valco E, Tipe Menengah

8Pada tipe ini tentu memiliki semua yang ada di tipe J. Setelah itu ia dilengkapi power steering, velg alloy 15 inci, handle pintu dan spion sewarna body.

Etios Valco E terdapat fitur tachometer yang memudahkan pengemudi memantau putaran mesin. Bahkan di sektor infotainment tersedia fitur 2DIN audio dengan kemampuan memutar radio AM/FM, CD, MP3, USB, Aux, 4 speaker. 

Varian tengah ini juga tersedia fitur tilt steering column, power door lock, power window with auto down, konektor 12 volt, rear window wiper. 

Etios Valco G, Tipe Tertinggi dengan Fitur Proporsional

9Sebagai varian tertinggi, Toyota Etios Valco G hadir dengan fitur paling lengkap, termasuk hadirnya teknologi rem ABS dan EBD. Varian ini memiliki semua fitur yang ada di J dan E, dengan beberapa tambahan aksesoris dan fitur.

Etios Valco G terpasang sporty aerokit, lampu kabut, spion elektrik, kemudi berlapis kulit, tombol di kemudi, audio 2DIN seperti tipe E dengan tampilan lebih modern dan ornamen krom.

Spesifikasi Toyota Etios Valco, Mesin Irit Bukan Sahabat SPBU

Buy used 2013 ETIOS VALCO BekasEtios Valco dibekali mesin 3NR-FE DOHC 4-silinder segaris, 16 valve berkapasitas 1.197 cc, dengan output 80 PS @5.600 rpm dan torsi puncak sebesar 104 Nm @3.100 rpm. Toyota Etios Valco hanya ditawarkan pilihan transmisi manual 5-percepatan yang mendistribusikan tenaga ke penggerak roda depan. 

Konsumsi BBM dari Etios Valco juga irit untuk berbagai kondisi berkendara. Untuk penggunaan dalam kotanya dapat mencatatkan angka konsumsi BBM pada 13-15 km/liter, sedangkan pemakaian luar kota, mobil ini mampu mencapai angka 17-22 km/liter.

Harga Setara Toyota Agya Tipe Termurah

Jual Mobil Toyota Etios Valco 2013 G 1.2 di Jawa Barat Manual Hatchback  Hitam Rp 100.000.000 - 9166265 - Mobil123.com

Dengan harga pasaran mulai Rp80 juta, kelengkapan fitur dan spesifikasi pada Etios Valco bisa jadi opsi yang lebih ideal ketimbang membeli Toyota Agya 1.0 yang sama-sama keluaran 2013-2014.

Bayangkan saja, spesifikasi mesin dan fitur di Etios Valco ini mirip seperti Agya 1.2 tapi dijual dengan harga pasaran setara Agya 1.0. 

Artinya, kita bisa mendapat benefit dari sebuah mobil yang kaya fitur. Hal yang juga perlu ditekankan ialah Etios Valco bukan termasuk segmen LCGC

Desain Etios Valco sedikit lebih sporty walau aksen India begitu kuat. Untuk penyetelan audio juga praktis tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi. Cukup tekan tombol yang terdapat pada palang setirnya. 

Terakhir, laci di ruang penumpang bisa berubah fungsi sebagai "kulkas". Jadi, ventilasi AC kiri ditutup sehingga udara dingin bisa dialihkan ke laci dengan membuka tutup di sebelah kiri.

Posisi Berkendara yang Nyaman

Mobil TOYOTA ETIOS VALCO 1.2L G MT 2016 - Mocil.id

Walau harga bekasnya murah, tapi Etios Valco memberi kenyamanan berkendara yang pas. Ini membuatnya layak digunakan sebagai mobil harian untuk berkendara setiap hari. 

Posisi duduknya tinggi pada sudut alas dan sandaran jok seperti kita mengendarai Yaris, tapi dengan dimensi Etios Valco yang lebih mungil. 

Karena posisi duduknya yang tinggi itulah membuat visibilitas cukup baik dan proporsional untuk postur kebanyakan orang Indonesia yang rata-rata di 160 cm. Konsekuensinya mungkin hanya mengurangi kenyamanan orang yang posturnya terlalu tinggi.

Kekurangan Toyota Etios Valco, Desain Interior dan Eksterior India Banget 

Review Singkat Mobil Bekas Toyota Etios Valco | Auto2000Bila kita melihat penampilan Etios Valco baik di sisi luar maupun dalam, tidak ada hal yang benar-benar memikat soal desain dari mobil ini. Bagian fascia depan ini tampak cukup simpel dengan kesan sleek dan minimalis juga sangat kental di bagian belakang. 

Kemudian layout desain yang ada di interior mobil ini terbilang aneh, khsusunya pada tampilan dashboardnya. Untuk meter clusternya diletakkan di tengah dashboard dengan lubang ventilasi AC bulat yang disusun vertikal di samping kiri head unit.

Bukan cuma itu, material yang digunakan pada interiornya juga plastik keras yang terkesan murahan dan kopong, tidak solid. Kelemahan bahan plastik biasanya menimbulkan suara berisik ketika melewati jalan yang keriting.

Kesimpulan 

Dengan harga pasaran mobil bekas kurang lebih mirip seperti Toyota Agya 1.0, pembeli Etios Valco bisa menang banyak. Mulai dari kapasitas mesin yang lebih besar dan konfigurasi 4-silinder, kabin lebih luas, fitur lebih oke, dan desain yang tidak terkesan sebagai mobil murah.

Walau kualitas material di dalam kabin biasa saja, tapi kenyamanan yang pas membuatnya layak digunakan setiap hari. Sensasi berkendara di mobil ini disebut mirip Yaris tapi dengan ukuran mobil yang lebih mungil.

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang