Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Espass, Minibus Serba Bisa

Panduan Pembeli

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Espass, Minibus Serba Bisa

Daihatsu Espass pertama kali dikenalkan kepada publik Indonesia pada permulaan tahun 1995. Minibus ini hadir untuk menggantikan posisi Daihatsu Zebra Hijet yang telah dipasarkan selama lebih dari satu dekade. 

Zebra Espass cuma beredar antara tahun 95-99, generasi setelahnya nama Espass hilang, hanya dipakai nama Neo Zebra.  Namun karena desainnya tak banyak berubah, Neo Zebra sering disebut sebagai Espass. Zebra Espass mempopulerkan desain pintu geser.

Sebelum Espass hadir, penggunaan pintu sliding atau geser sudah ada sejak era Zebra Astrea Bodytech. Sekitar tahun 1993, muncul varian pintu geser atau yang biasa disebut sliding door dari Daihatsu Zebra karoseri Astrea. Espass kemudian mewariskan pintu sliding yang jadi fitur standar, dimana mobil ini dibuat oleh APM sebagai manufaktur. 

Awalnya, Daihatsu Espass disediakan melalui varian pickup dan minibus dengan tipe ZL-9. Keduanya sama-sama dibekali jantung pacu karburator 1.300 cc dengan tenaga 75 hp, dan sistem pembakarannya yang masih menggunakan platina. 

Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1997, Daihatsu memperkenalkan Espass Supervan. Minibus ini didukung mesin lebih besar, berkapasitas 1.600 cc yang juga masih mengandalkan karburator dengan kode HD-C, namun sudah CDI. Outputnya sedikit lebih besar yakni 87 HP.

Secara umum kedua varian mesin Espass memiliki kesamaan pada layout mesin 4 silinder SOHC 16 valve dan output dari mesin dihantarkan ke penggerak roda belakang dengan dukungan transmisi manual 5 percepatan.

Perjalanan Daihatsu Espass di Indonesia 

Daihatsu Zebra Espass meluncur pada 1995, menjadi evolusi minibus modern, desainnya fresh dan kemudi ergonomis. Desainnya lebih manis dan modern pada lekuk pilar A. Kemudian posisi menyetir lebih enak karena sudut setir lebih rebah. 

Awal tahun 2000an, Daihatsu mengembalikan nama Espass jadi Zebra sekaligus menambah tipe-tipe baru. Berdasarkan urutannya, terdapat tipe ZL, ZT, ZX, dan ZSX. Tipe ZL dan ZT menjadi tipe terbawah bermesin 1.300 cc dengan upgrade sistem pengapian dari platina menjadi CDI. Sementara ZX dan ZSX sebagai trim teratas disediakan dengan mesin 1.600 cc.

Mulai masuk 2000 ke atas, Daihatsu mengganti mesin Espass dengan seri HD-E 1.5 liter pada tipe ZSX, yang sudah mulai ada perbaikan dari sisi pendinginan mesin. 

Daihatsu kemudian memakai nama Neo Zebra sebagai suksesor Espass. Pada edisi ini, kemampuannya lebih tangguh dan jarang rewel karena Daihatsu telah memperbaiki kelemahan sejak era Espass. 

Spesifikasi Daihatsu Espass 

  • Selama diproduksi, Daihatsu Espass hingga Neo Zebra tersedia dalam tiga varian mesin yaitu 1.3 liter, 1.6 liter, dan yang paling baru yaitu 1.5 liter. Berikut ini spesifikasi detil dari masing-masing varian mesin tersebut.
  • 1.298 cc 4-silinder sejajar, 16 valve SOHC berpendingin cairan. Tenaga 75 hp/5.600 rpm & Torsi 114 Nm/3.800 rpm.
  • 1.598 cc 4-silinder sejajar, 16 valve SOHC berpendingin cairan. Tenaga 87 hp/5.600 rpm & Torsi 135 Nm/3.200 rpm.
  • 1.498 cc 4-silinder sejajar, 16-valve SOHC berpendingin cairan. Tenaga 87.5 hp/6.000 rpm & Torsi 130 Nm/3.800 rpm.
  • 1.298 cc 4-silinder sejajar, 16-valve SOHC berpendingin cairan. Tenaga 78 hp/6.000 rpm & Torsi 118 Nm/4.200 rpm.

Daihatsu Espass jenis silindernya oversquared dengan redline di 6.500 rpm. Ini membuat mesinnya enteng digeber hingga 8.000 rpm, sehingga top speed Espass bisa lebih unggul. 

Kelebihan Daihatsu Espass, Mobil Keluarga dengan Harga Terjangkau


Espass sangat cocok untuk dipakai jalan-jalan bersama keluarga. Kabinnya yang luas membuat mobil ini terasa lega. Dengan jumlah kursi sebanyak tiga baris, mobil ini muat untuk dinaiki 8 orang (termasuk sopir). 

Bicara soal harga, Espass kini berkisar antara 25-30 jutaan tergantung kondisi mobilnya. Kalau barangnya masih bagus, mesin oke, bodi oke, biasanya ditawarkan dengan harga 30 juta.

Espass juga memiliki harga jual yang stabil. Jadi semisal Anda punya Espass, kemudian sudah puas memakainya dan berkeinginan untuk menjualnya, Anda tidak perlu khawatir soal harga jual mobil ini. 

Jangankan merugi, bahkan kalau mujur maka bisa mendapat untung. Bukan rahasia lagi salah satu kelebihan yang dimiliki pengguna mobil bekas itu terkadang bisa mendapat untung ketika menjualnya kembali.

Sparepart yang Murah Meriah

Selain harga mobilnya yang murah, spare part Espass juga terjangkau dan mudah ditemukan di toko-toko spare part. Ketersediaan suku cadang sangat banyak, baik itu original maupun KW.

Perawatannya pun cukup mudah, karena banyak bengkel pinggir jalan yang bisa menangani gangguan-gangguan pada mobil ini.

Bahan bakarnya irit

Mobil ini berbahan bakar bensin. Dengan mengusung mesin 1300 CC, 4 silinder, konsumsi bahan bakar espass tergolong irit. 

Tampilan Eksterior yang Punya Jati Diri

Dari segi eksterior, Espass memiliki bodi yang bongsor. Selain itu, Espass memiliki ciri khas pintu sliding yang tidak digunakan pada minibus lain. 

Bagi pengguna Espass, jika ingin mobil ini tampil fresh, tidak perlu merogoh kocek banyak-banyak untuk memodifikasinya. Cukup mengganti velg standar dengan velg celong dijamin makin modis.

Kekurangan Daihatsu Espass, Mesin Gampang Kepanasan 


Isu overheat seolah jadi hal yang cukup sering terjadi pada Zebra Espass. Penyebabnya karena karena radiatornya yang kecil, cuma 1 ply. 

Suspensi Keras Serasa Naik Pick Up

Daihatsu Espass memakai suspensi depan MacPherson strut dan belakang Rigid axle dengan per daun.

Suspensi di Daihatsu Espass minibus disebut terlalu keras untuk sekelas mobil keluarga. Alasannya karena mobil ini suspensinya sama dengan yang digunakan pada model pickup.

Plat Bodi Rentan Keropos

Mayoritas body Daihatsu Espass merupakan keluaran Karoseri pabrikan alias Astra. Namun sayangnya built quality saat itu kurang baik karena plat tipis gampang penyok, dan karatan karena tidak pakai dempul. 

Karena kelemahan tadi, harga jual kembali Espass pun tak sebaik Carry Futura. Bila dibandingkan, Futura lebih cepat laku meskipun lebih mahal dari Espass.

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang