Jualan BMW Indonesia Saat Pandemi Terbantu Peluncuran Puluhan Model Baru

Berita Otomotif

Jualan BMW Indonesia Saat Pandemi Terbantu Peluncuran Puluhan Model Baru

JAKARTA – BMW menjadi merek mobil mewah yang penjualannya paling baik di Indonesia, pada masa pandemi virus Corona (Covid-19). Peluncuran sekitar 20 model baru tahun ini diakui membantu mereka, selain juga berkat strategi lain.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari – Oktober 2020, BMW adalah pabrikan mobil mewah nomor satu di Indonesia, baik dari sisi penjualan wholesales (distribusi pabrikan ke dealer) maupun retail (distribusi dealer ke konsumen). Ini berkat penurunan penjualan mereka yang paling kecil di antara kompetitor selama masa pandemi.

Secara wholesales, performa merek BMW plus MINI ‘cuma’ turun 29,73 persen persen jika dibandingkan periode yang sama pada 2019 (year on year) menjadi 1.896 unit. Sementara, dari sisi retail, performa BMW ditambah MINI hanya drop 23,91 persen year on year menjadi 2.053 unit.

Pesaing terdekat mereka, Mercedes-Benz, secara wholesales drop 50,5 persen year on year menjadi 1.378 unit. Adapun retail pabrikan yang berpusat di Munich, Jerman ini jatuh 44,3 persen menjadi 1.503 unit.

Jodie O’Tania selaku Communication Director BMW Group Indonesia mengakui salah satu alasannya adalah serangan produk baru mereka yang luar biasa banyak pada 2020, baik model reguler maupun model edisi spesial atau terbatas. Ofensivitas model baru ini kebetulan terjadi di tahunnya pandemi, sehingga cukup membantu.


“Memang sudah direncanakan dari tahun lalu dan kami hadirkan di tahun ini karena (peluncuran) memang tidak bisa tiba-tiba. Untuk masukkan kendaraan saja cukup lama CBU (Completely Built-Up/impor utuh), jadi itu memang sudah direncanakan,” ucap dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com di sela – sela test drive All-New BMW Seri 3 pada 1 – 3 Desember dengan rute Jakarta – Bogor.

Berdasarkan catatan Mobil123.com, setidaknya ada 20 model BMW dan MINI yang mengaspal sejak Januari hingga berita ini dinaikkan. Ada MINI Cooper Clubman, MINI Cooper S Clubman, MINI John Cooper Works Clubman, MINI John Cooper Works Countryman, BMW 630i GT M Sport, BMW M5 Competition – 35 Years Edition, BMW 320i Touring M Sport, BMW X6 xDrive40i M Sport, MINI Blackheath Edition, MINI GT Edition, BMW X3 M Competition, BMW X4 M Competition, BMW 840i Gran Coupe M Technic, BMW M8 Competition, MINI John Cooper Works GP, Mini Clubman Rosewood Edition, BMW M2 Edition Designed BY Futura, BMW M135i, BMW M235i Gran Coupe, dan M2 CS.


Jodie menjelaskan bahwa alasan mereka bisa menjadi nomor satu di segmen premium sementara ini bukan hanya karena puluhan peluncuran tersebut. Ini karena gencarnya kombinasi strategi offline maupun online yang tetap dilancar di tengah pandemi. Selama pandemi saja, ada 45 acara di dua jalur itu bagi konsumen maupun jurnalis.

“Kami punya strategi digitalisasi dari 2017. Jadi, saat pandemi terjadi, kami sudah punya kerangka. Kami sudah punya ada mulai dari BMW Official Store di Tokopedia, virtual showroom, pelanan doorstep test drive (test drive di rumah),” ucap dia mencontohkan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar