Jepang Gandeng Subaru untuk Kembangkan Mobil Terbang

Berita Otomotif

Jepang Gandeng Subaru untuk Kembangkan Mobil Terbang

TOKYO – Jepang semakin serius untuk mengembangkan mobil terbang dengan melibatkan Subaru.

Sebelumnya, Pemerintah Jepang ingin mengembangkan mobil terbang dengan melibatkan beberapa perusahaan seperti Boeing, Airbus serta Uber. Namun kenyataannya jumlah perusahaan yang diajak untuk mengembangkan mobil terbang semakin berkembang dan Subaru pun akan melibatkan diri.

Bergabungnya Subaru dalam pengembangan ini terbilang menarik karena jumlah keikutsertaaan perusahaan swasta dalam pengembangan mobil terbang semakin banyak. Tak hanya itu, Subaru saat ini juga sudah memiliki teknologi yang digunakan oleh tentara angkatan udara Jepang sehingga kehadirannya akan sangat menguntungkan. Ini juga menunjukkan keseriusan Pemerintah Jepang untuk melibatkan perusahaan swasta dalam mengembangkan teknologi tersebut.

“Secara global, ada banyak ketertarikan pada mobil terbang yang akan memberikan pelayanan transportasi di udara. Jepang juga berencana untuk menciptakan transportasi yang lebih cepat dan nyaman bagi orang dan barang, sekaligus mencoba menciptakan industri baru dan menguntungkan di pasar dunia,” ungkap Hiroyuki Ushijima perwakilan dari Ministry of Economy, Trade and Industry Japan.

Meski mengkonfirmasi akan mengembangkan mobil terbang, namun Pemerintah Jepang menolak untuk menyebutnya sebagai mobil. Mereka lebih suka untuk menyebutnya sebagai ‘flying kuruma’ atau ‘future air mobility’ (mobilitas udara masa depan).

“Ini bukanlah mobil yang sebenarnya. Ini lebih ke arah layanan mobilitas,” tambahnya.

Jepang berharap dapat menyempurnakan peta jalan untuk mobil terbang di negaranya pada akhir tahun. Beberapa perusahaan swasta yang ikut ambil bagian ingin mulai melakukan komersialisasi layanan pada tahun 2020. Namun Ushijima menegaskan bahwa Pemerintah belum menetapkan batas waktunya.

Pemerintah melihat bahwa teknologi ini nantinya akan mengurangi kepadatan lalu lintas dan meningkatkan mobilitas manusia. Khususnya mereka yang berada di daerah yang sulit dijangkau seperti pegunangan, pulau terisolasi dan daerah bencana. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual