Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jelajahi Kerasnya Sumatera, Ban Bridgestone Ecopia Paling Irit

Berita Otomotif

Jelajahi Kerasnya Sumatera, Ban Bridgestone Ecopia Paling Irit

KARAWANG – Sejak beberapa tahun belakangan ban hijau (green tire) – irit bahan bakar minyak (BBM) dan ramah lingkungan – semakin diminati oleh masyarakat.

Itulah yang mendorong sejumlah produsen ban mobil seperti Bridgestone menciptakan ban hijau.

Dan untuk membuktikan keiritan dan kehebatan ban Bridgestone Ecopia dengan 2 ban pesaingnya, pada tahun 2014 PT Bridgestone Tire Indonesia menggelar ECOPIA GO INDONESIA dengan rute jelajah pulau Jawa dari dan berhenti di Karawang.

Dan, tahun 2015 liga yang sama digelar namun dengan rute berbeda Bukittinggi – Karawang dengan total jarak 2143 kilometer selama 12 hari (8-19 September).

“Medan tahun ini berbeda karena berkelok-kelok dibandingkan track Jawa yang lebih banyak lurus. Awalnya kami menghitung jarak tempuh 1623 kilometer namun karena di beberapa daerah berkabut pekat, kami harus menyimpang dari rute yang telah ditentukan jadi total jarak menjadi lebih panjang,” kata Zulpata Zainal, proving ground manager Bridgestone Tire Indonesia.

Dia pun menyatakan kendala lainnya adalah banyaknya pembangunan infrastruktur jalan di sepanjang lintas Sumatera yang mengakibatkan kemacetan.

Seperti liga sebelumnya, pengujian menggunakan 3 Toyota Avanza yang dikemudikan oleh tim pengemudi profesional. Mobil I memakai Ecopia EP150, mobil II GT Radial Champiro Eco, dan mobil III Dunlop SP10.

Posisi mobil terdepan digilir dan jarak antarmobil sekitar 25 meter. Setiap mobil tidak dikemudikan oleh orang yang sama.

“Kecepatan kami tidak boleh lebih dari 70 kpj, putaran mesin maksimal 3000 rpm dan memakai final gear,” imbuh Zulpata.

Hasilnya, Ecopia lebih hemat BBM 15% atau 25 liter dari kompetitor terdekatnya Dunlop. Hasil ini tidak ada manipulasi, klaim Bridgestone.  

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang