JBA Sukses Lelang 100 Ribu Kendaraan di Masa Pandemi, Ini 5 Rahasianya

Berita Otomotif

JBA Sukses Lelang 100 Ribu Kendaraan di Masa Pandemi, Ini 5 Rahasianya

JAKARTA - PT JBA Indonesia, platform lelang otomotif di Indonesia berhasil menjual lebih dari 100 ribu kendaraan di masa pandemi dan berikut 5 jurus jitunya.

Fenomena menarik di tahun 2020 yang hampir sepanjang waktunya diporakporandakan oleh pandemi Covid-19 terjadi di sektor otomotif khususnya lelang kendaraan bekas baik mobil maupun motor. Di saat banyak bisnis otomotif tiarap, JBA melaporkan geliat transaksi lelang kendaraan bekasnya yang naik cukup signifikan pada kurun waktu Januari hingga 10 Desember 2020.

Dalam kurun waktu tersebut, lebih dari 100 ribu unit kendaraan laku dalam lelang dengan komposisi 40 ribu mobil bekas dan 60 ribu motor bekas. JBA optimis raihan tersebut bakal terus meningkat hingga penutupan tahun 2020 yang menyisakan beberapa hari saja.

Menariknya, jika dibandingkan 2019, raihan penjualan lelang kendaraan JBA di masa pandemi ini tercatat peningkatan signifikan hingga 75 persen. Salah satu pemicu dari lonjakkan ini adalah banyak warga masyarkat yang menginginkan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi dan meninggalkan angkutan umum guna mengurangi risiko penularan virus Covid-19.

Di sisi lain, capaian JBA yang sukses bermain di kendaraan bekas, berbanding terbalik dengan capaian penjualan di mobil baru. Berdasarkan data Gaikindo, lima brand terlaris di Indonesia, yaitu Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, dan Mitsubishi, mencatatkan penurunan penjualan hingga lebih dari 50% per bulan Oktober 2019 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

“Kami sadar, kebutuhan akan kendaraan bekas akan menjadi prioritas yang perlu diperjuangkan. Untuk itu, sebagai marketplace mobil serta motor bekas, JBA telah mengantisipasi dan mempersiapkan rencana strategis sejak awal masa pandemi, agar kami dapat memahami kebutuhan dari penitip kendaraan maupun pembeli,” ungkap Deny Gunawan, Chief Operating Officer PT JBA Indonesia.

JBA Sukses Lelang 100 Ribu Kendaraan di Masa Pandemi, Ini 5 Rahasianya
Sukses JBA tidak lepas dari inovasi yang mereka lakukan untuk mempermudah transaksi kendaraan bekas. Berikut adalah 5 layanan dan sistem yang merupakan bagian dari inovasi penunjang sukses JBA pada 2020. 

1. Flexi Pay
Program perpanjangan waktu pelunasan bagi member JBA. Fasilitas khusus member mobil JBA ini memungkinkan pembeli mobil bekas untuk melakukan pelunasan hingga 28 hari kalender. Memiliki syarat dan ketentuan yang telah disepakati sebelumnya.

2. Quick Pay
Quick Pay merupakan layanan khusus untuk penitip mobil pribadi atau yang disebut dealer. Program ini memungkinkan penitip mobil perseorangan untuk mendapatkan hasil penjualan lebih cepat, yaitu di hari lelang atau maksimal H+1 lelang. 

3. Instant Pay
Masih menyasar penitip mobil pribadi, layanan Instant Pay memungkinkan penitip mobil pribadi langsung mendapatkan pembayaran hingga 70% dari total harga pada hari yang sama mobil dititipkan di pool JBA untuk dilelang. 

4. Booking Price
Layanan Booking Price memudahkan member JBA untuk mengajukan penawaran harga sebelum sesi lelang dimulai. Harga yang dibayarkan akan menjadi jauh lebih murah, terlebih jika tidak ada pihak lain menawar lebih tinggi dari jumlah pengajuan, sehingga peluang untuk mendapatkan kendaraan incaran pun lebih besar. Harga dapat ditentukan atau bahkan diubah peserta lelang yang telah terdaftar maksimal hingga 30 lot sebelum unit tersebut mulai dilelang.

5. On-Off Bid
Layanan ini berfungsi untuk mengurangi risiko kesalahan, masalah pada sistem pengguna, atau ketidaksengajaan menawar unit yang salah. Peserta lelang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur On-Off Bid pada layar gadget saat lelang sedang berlangsung.

Pengembangan Bisnis JBA Sambut 2021

Dengan catatan positif di 2020, JBA optimis tatap 2021 dan akan terus berupaya mengembangkan bisnisnya terutama dari sisi pelayanan juga operasional. JBA mengklaim akan bergerak cepat dan tepat dalam melakukan inovasi agar bisa melayani konsumen mereka yang mencari kendaraan bekas.

"Menyambut tahun 2021, JBA akan semakin gencar mengembangkan bisnis, mulai dari relokasi ke lokasi yang lebih besar, penambahan jumlah cabang dan pool baru, memperbaharui layanan teknologi untuk penitip serta pembeli kendaraan. Serta meluncurkan layanan membership berbasis teknologi yang lebih menguntungkan pembeli dan penitip kendaraan perseorangan," tutup Deny. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar