Jangan Sembarangan Mencuci Mobil Hybrid

Panduan Pembeli

Jangan Sembarangan Mencuci Mobil Hybrid

JAKARTA – Ada hal penting untuk diperhatikan saat mencuci mobil dengan mesin hybrid agar tidak mengganggu kinerjanya.

Mencuci mobil hingga kebagian mesin merupakan salah satu perawatan yang sudah biasa dilakukan. Namun, mencuci mobil ternyata tidak bisa sembarangan apalagi bila mobil yang dicuci adalah mobil hybrid. Mencuci mobil, khususnya bila mencucinya hingga ke bagian mesin harus sangat berhati-hati. Salah sedikit, bukannya bersih mobil malah rusak.

Lantas, bagaimana cara mencuci mobil hybrid yang aman? Prodact Knowladge PT Toyota Astra Mobil (TAM), Gandi Ahimsaputra pun menyatakan bahwa mencuci mobil hybrid sebaiknya tidak sampai ke bagian mesin.

“Jangankan mobil hybrid, untuk mencuci mesin mobil biasa pun harus diperhatikan bagian-bagian yang tidak boleh kena air. Tidak bisa main semprot air, apalagi mobil hybrid. Ada beberapa kabel yang sama sekali tidak boleh terkena air,” ungkap Gandi.

Untuk itu, Ia menyarankan pemilik yang ingin membersihkan mesin, sebaiknya cukup dengan mengelapnya saja tanpa harus dengan menyiram dengan air secara langsung. Tak hanya itu, Ia juga tidak menyarankan untuk mencuci kolong mobil hybrid. Hal ini untuk menghindari adanya air masuk ke komponen penting seperti baterai sehingga menyebabkan baterai tidak berfungsi.

“Tapi secara keseluruhan, merawat mobil hybrid sebenarnya lebih mudah. Karena mesin tidak bekerja terus menerus tapi bisa dibantu dengan motor listrik yang telah sematkan,” pungkas Gandi. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual