Jangan Marah kalau Dilarang, Ini 4 Dampak Negatif Merokok di Dalam Mobil

Panduan Pembeli

Jangan Marah kalau Dilarang, Ini 4 Dampak Negatif Merokok di Dalam Mobil

JAKARTA – Siapa pun paham kalau merokok adalah perbuatan yang tidak bagus bagi kesehatan dan dampak negatif merokok pun bertambah jika dilakukan di dalam mobil.

Sebagian perokok tidak suka melakukannya di dalam mobil. Mereka biasanya juga melarang anggota keluarga atau teman yang sedang menumpang untuk menunda aktivitas tersebut sampai mereka keluar dari kabin.

Mengutip keterangan resmi dari Auto2000, merokok di dalam mobil memang bisa mengakibatkan beberapa dampak negatif bagi kesehatan, kondisi kabin mobil, maupun keselamatan berkendara. Salah satu akibat di antaranya bahkan cukup besar, yaitu kemungkinan mobil lebih sulit dijual.

dampak merokok di dalam mobil

4 Efek Buruk Merokok di Dalam Mobil

Berikut rincian empat efek buruk merokok di dalam mobil:

  • Bau Kabin Mobil Tak Sedap

Meskipun kaca jendela di buka, merokok di dalam mobil tetap akan meninggalkan aroma tak sedap di kabin. Asap rokok nantinya juga bertahan serta menempel di berbagai area khususnya area kokpit, misalnya dasbor, setir, dan panel pintu depan.

  • Mengotori Sistem Sirkulasi AC

Asap rokok berpotensi ‘menyusup’ ke sistem sirkulasi pendingin udara (Air Conditioner/AC), kemudian mengendap di dalamnya. Jika begitu, udara dari AC bakal bercampur dengan asap rokok yang tentunya mengandung banyak zat kimia berbahaya.

Asap rokok pun akan menempel pada filter serta evaporator. Ini mengakibatkan baunya sulit hilang meskipun filter sudah diganti.

Udara AC yang sudah bercampur asap rokok terus berputar di dalam kabin ketika AC dinyalakan dan ini membahayakan kesehatan orang-orang di dalamnya.

dampak dilarang merokok di dalam mobil

  • Menimbulkan Distraksi ke Pengemudi dan Pengguna Jalan Lain

Merokok di dalam mobil akan menurunkan konsentrasi serta daya tanggap pengemudi terhadap segala sesuatu yang terjadi di jalan. Ini terjadi pertama-tama karena satu tangan pastinya akan terus memegang batang rokok. Padahal, dalam teori safety driving, pengendara perlu menaruh kedua tangan di lingkar setir dalam posisi jarum jam 9-3.

Asap yang keluar dari rokok ketika dibakar maupun bara apinya juga dapat menimbulkan distraksi. Meski mungkin hanya sejenak, teralihkannya perhatian bisa mengurangi keamanan serta keselamatan berkendara.

Asap rokok yang keluar dari mobil melalui jendela juga dapat mengganggu konsentrasi serta keselamatan pengguna jalan lain.

  • Harga Mobil Turun atau Lebih Sulit Dijual

Atap kabin lama-kelamaan akan menguning akibat terpapar asap rokok.

Selain itu, merokok di dalam kabin juga bisa menimbulkan bercak-bercak nikotin jika pengemudinya tidak benar-benar telaten membawa kendaraan ke salon mobil.

Perbaikan interior untuk isu ini membutuhkan biaya tak sedikit. Jika dibiarkan, harga mobil bisa turun atau mobil lebih sulit dijual kembali. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar