Jangan Bingung Lagi, Ini Lho Perbedaan SUV dan MPV

Panduan Pembeli

Jangan Bingung Lagi, Ini Lho Perbedaan SUV dan MPV

JAKARTA - Meski merupakan jenis mobil yang berbeda, belakangan ini Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi Purpose Vehicle (MPV) semakin banyak kemiripan. Sebab, Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) akhir-akhir ini mengembangkan SUV yang mengakomodasi beragam kebutuhan yang sebelumnya hanya ada di MPV.

Kondisi ini menjadikan perbedaan antara SUV dan MPV makin ‘abu-abu’.

Meski demikian, SUV dan MPV tetap memiliki perbedaan yang tegas, karena didesain untuk kebutuhan berbeda pula.

Berikut ini beberapa perbedaan antara SUV dan MPV yang wajib Anda ketahui supaya tidak bingung.

Tujuan Penggunaan

Perbedaan SUV dan MPV

Meski kini fungsinya semakin abu-abu, sejatinya SUV didesain untuk bisa melintasi beragam medan jalan. Tak hanya aspal, SUV juga seharusnya bisa melintasi jalan-jalan menantang yang tentunya tidak bisa dilalui oleh mobil sembarangan.

Sedangkan MPV lebih mengutamakan kenyamanan dan keamanan, serta dibuat untuk mampu menampung lebih banyak penumpang dan barang.

Ground Clearance

Perbedaan paling mendasar antara SUV dan MPV terletak pada ground clearence.

Ground Clearence dari mobil jenis SUV umumnya mencapai 200 mm atau lebih untuk memastikan tetap optimal di berbagai kondisi jalan.

Sementara, untuk MPV biasanya di bawah 200 mm untuk membuat mobil menjadi lebih stabil dan nyaman untuk dikendarai.

Jenis ban

Perbedaan SUV dan MPV

Jenis ban yang digunakan pada mobil SUV dan MPV juga berbeda.

Biasanya, SUV menggunakan ban dengan ukuran yang lebih besar, sekitar 15 inci atau lebih.

Selain itu, ban yang digunakan juga menggunakan profil yang tebal dan agak kasar. Tujuannya untuk memberikan traksi lebih ketika harus berkendara di kondisi-kondisi sulit seperti jalan berlumpur.

Namun, melihat perkembangan belakangan ini, profil ban antara SUV dan MPV menjadi sangat abu-abu. Hal ini karena banyak dari APM yang mulai menyematkan ban dengan profil yang lebih sederhana pada mobil SUV untuk meningkatkan kenyamanan berkendara di jalan aspal.

Demikian juga MPV, belakangan ini APM melakukan penyesuaian dengan menyematkan roda berukuran 15 inci guna menjadikan mobil semakin gagah.

Meski perbedaan antara SUV dan MPV di Indonesia kini semakin abu-abu, tetap saja masyarakat diharapkan bisa tetap menyesuaikan kebutuhannya masing-masing.

Jangan sampai salah membeli kendaraan agar tidak menyesal di kemudian hari. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar