Jakarta Masuk 20 Besar Kota Termacet di Dunia

Berita Otomotif

Jakarta Masuk 20 Besar Kota Termacet di Dunia

JAKARTA – Jakarta kembali dinobatkan sebagai salah satu kota berpredikat terburuk dalam hal kepadatan lalu lintas.

Data dari 2016 Inrix Global Scorecard dan RegTransfers menyebutkan bahwa Jakarta berada di peringkat 19 dari 50 kota yang memiliki kepadatan lalu lintas tertinggi di dunia. Rata-rata setiap tahunnya orang Jakarta menghabiskan waktu selama 55 jam untuk menghadapi kemacetan.

Jumlah waktu yang dihabiskan tersebut jauh lebih buruk ketimbang Riyadh, Saudi Arabia di posisi ke-50 dengan jumlah waktu 39 jam per tahun. Namun sedikit lebih baik ketimbang Bangkok, Thailand yang berada diperingkat ke-11 dengan jumlah waktu 64,1 jam per tahun.

Sementara peringkat pertama diisi oleh Los Angles, Amerika Serikat dengan 104,1 jam, posisi kedua diisi oleh Moscow, Rudia dengan 91,4 jam dan diperingkat ketiga ada New York dari Amerika Serikat dengan waktu yang dihabiskan mencapai 89,4 jam setiap tahun.

Buruknya lalu lintas Jakarta memang sudah lama dirasakan. Oleh karena itu Pemerintah pun mulai membangun infrastruktur jalan dan melakukan perbaikan transportasi umum yang diharapkan bisa mengurai kemacetan.

Sayangnya, hal tersebut memiliki konsekuensi tersendiri. Pembangunan jalan yang dilakukan serentak berhasil membuat jalanan Ibukota justru semakin macet karena ruas jalan harus dikurangi untuk keperluan pembangunan.

Kemacetan diperkirakan akan terus terjadi hingga infrastruktur tersebut selesai pembangunannya. Bila tidak ada halangan, sebagian besar pembangunan infrastruktur di Jakarta seharusnya bisa sudah selesai di akhir 2018 atau awal 2019.

Salah satu pembangunan yang sudah terlihat adalah pembangunan jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau biasa disebut dengan Becakayu. Pembangunannya sudah mulai terlihat wujudnya dan untuk seksi 1B dan seksi 1C sudah bisa dilalui kendaraan. [Adi/Ikh]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual