Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jadi ‘Raja’ Ekspor Mobil RI, Toyota Masih ‘Jemput Bola’ untuk Perluas Pasar

Berita Otomotif

Jadi ‘Raja’ Ekspor Mobil RI, Toyota Masih ‘Jemput Bola’ untuk Perluas Pasar

JAKARTA – Toyota diketahui berstatus sebagai ‘raja’ ekspor mobil di Indonesia. Kendati begitu, mereka masih ‘jemput bola’ untuk merambah pasar ekspor yang baru.

Toyota, menurut data internal yang mereka berikan, mengekspor sekitar 245 ribu unit mobil secara utuh (completely built up/CBU) dari Indonesia selama Januari-Oktober 2023. Sementara itu, jika menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total ekspor mobil CBU dari Tanah Air pada periode itu ialah 426.381 unit.

Pada November kemarin, menurut President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto, capaian itu bertambah lagi menjadi kisaran 294 ribu unit. Negara tujuan ekspor Toyota dari negeri ini, akunya, sudah lebih dari 80 negara.

“Kami ekspor sejak 1987, sudah lebih dari 39 tahun dan ekspor kami tahun ini mungkin yang paling besar,” ucap dia dalam Media Year End Gathering 2023 pada Selasa (12/12/2023) di Senayan, Jakarta.

ekspor Toyota Veloz

Toyota masih belum puas dengan torehan tersebut. Mereka, kata Nandi, aktif menyambangi langsung negara-negara potensial untuk memperluas ekspor mobil Toyota dari Indonesia.

Suksesor Warih Andang Tjahjono di TMMIN ini beberapa waktu lalu juga baru saja mengunjungi negara-negara di Benua Amerika seperti Meksiko, Brazil, Peru, maupun Panama.

“Kami dengarkan apa yang mereka perlukan,” tandasnya.

Negara-negara Amerika Selatan menjadi ‘target operasi’ utama, meski Toyota juga mengekspor ke Asia, Afrika, Oceania, Amerika Latin, maupun Timur Tengah. Pasalnya, negara-negara Amerika Selatan punya kemiripan dengan Indonesia.

“Secara GDP (Gross Domestic Product/Produk Domestic Bruto) dan perekonomian, kan, mereka mirip-mirip,” pungkas Nandi.

ekspor Toyota Kijang Innova Zenix

Vice President Director TMMIN Bob Azam menambahkan kalau pihaknya bekerja sama dengan kedutaan-kedutaan besar Indonesia di berbagai negara untuk perluasan ekspor.

“Kami juga harus lihat jalur logistiknya, channeling dealership-nya seperti apa. Itu yang harus kami pelajari, melalui bekerja sama dengan pemerintah dalam hal ini kedutaan besar,” tukasnya.

Model-model ekspor Toyota buatan Indonesia terdiri dari multi purpose vehicle (MPV), sport utility vehicle (MPV), mobil komersial, maupun city car. Terdapat Toyota Avanza, Toyota Veloz, Toyota Kijang Innova Zenix, Toyota Raize, Toyota Yaris Cross, Toyota Fortuner, Toyota Rush, Toyota Wigo (Agya versi luar negeri), Toyota Town Ace/Lite Ace. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang