Ini Cara AHM Lestarikan Batik di Indonesia

Berita Otomotif

Ini Cara AHM Lestarikan Batik di Indonesia

JAKARTA – Dalam memperingati hari Batik yang jatuh pada 2 Oktober lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak 200 Sahabat Satu hati untuk melakukan rangkaian kegiatan ‘Satu Hati Membatik Negeri’.

Dengan mengusung ‘Semangat Generasi Mudah Melestarikan Batik Indonesia’, AHM menggelar beragam lomba. Mulai dari mendesain motif batik Jakarta Utara, lomba kreasi fashion batik, lomba cerdas cermat pengetahuan batik, fashion show batik, pelatihan membatik bersama, hingga lomba foto kegiatan membatik lewat Instagram Sahabat Satu Hati.

Kegiatan ini dipusatkan di SMA Negeri 75 Jakarta dengan melibatkan para Sahabat Satu Hati yang merupakan siswa dari berbagai sekolah di Jakarta, seperti SMA Negeri 13, SMA Negeri 40, SMA Negeri 41, SMA Negeri 52, SMA Negeri 72, SMA Negeri 75, SMA Negeri 80, SMA Negeri 110, SMA Negeri 115, SMK Hang Tuah I, dan SMP Hang Tuah 3.

“Dengan pendekatan yang kreatif pada program “Satu Hati Membatik Negeri” ini, kami berharap generasi muda kita semakin mencintai warisan budaya batik. Besar harapan kami, di masa depan batik semakin mendunia dengan sentuhan tangan generasi muda yang aktif mempelajari dan melestarikannya di masa kini,” ungkap Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin.

Dalam lomba mendesain motif batik, peserta ditantang untuk menciptakan kreasi unik sekaligus khas untuk membawa identitas Jakarta Utara yang terkenal dengan semangat pesisirnya. Peserta memiliki kebebasan berkreasi namun tetap menampilkan karakter garis keluwesan batik yang penuh makna filosofi.

Sementara itu dalam lomba kreasi fashion batik, setiap kelompok sekolah yang terdiri dari 3 orang mendapatkan tantangan untuk membuat gaya busana trendi dengan beraneka ragam material batik. Kreasi batik tersebut ditampilkan dalam pagelaran fashion show.  Peserta juga bebas berkreasi dalam memberikan sentuhan make-up bagi peraga busana untuk menguatkan sajian dalam fashion show.

Untuk semakin mendalami seluk beluk tentang batik, diadakan lomba cerdas cermat pengetahun batik. Satu tim sekolah yang masing-masing terdiri dari 3 orang diuji pengetahuannya dari sejarah, filosofi motif, dan fakta-fakta menarik seputar batik.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini maka batik akan semakin berkembang di masa yang akan datang. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123                                                                                               
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support