Ini Alasan Hyundai Staria Tak Gunakan Power Window di Baris Kedua

Panduan Pembeli

Ini Alasan Hyundai Staria Tak Gunakan Power Window di Baris Kedua

JAKARTA – Di balik kenyamanan dan keunikan desain Hyundai Staria, sedikit terbesit sebuah pertanyaan pada kaca baris kedua yang dari luar terbilang sangat apik, lebar, dan terkesan tanpa frame namun tidak bisa diturunkan dengan power window. Untuk membuka kaca masih harus menggesernya dengan manual , itu pun ukurannya terbilang kecil bila dibandingkan dengan ukuran kaca pintu baris kedua.

Ini tentu terbilang unik karena sejatinya power window bukanlah sebuah fitur yang terbilang mahal karena bahkan mobil LCGC sekalipun sudah menggunakannya. Merespons hal tersebut, Hyundai memiliki sedikit pertimbangan berbeda.

Hyundai Staria

“Kalau dilihat secara keseluruhan, kaca di pintu baris kedua ini sangat besar, bahkan hingga 50% dari pintu baris kedua. Bila menggunakan power window, maka itu akan mempengaruhi desain mobil secara keseluruhan,” ungkap Bonar Pakpahan, Assistant Manager of Product Planning PT Hyundai Motors Indonesia (HMID).

Keputusan tersebut memang sebenarnya tidak bisa dikatakan salah karena konsep dari Hyundai Staria memang memberikan desain yang berbeda dari beragam sisi. Keputusan untuk mempertahankan desain ketimbang menurunkan kaca memang terbilang masuk akal.

Selain itu, para bos yang menggunakan mobil sekelas Hyundai Staria akan sangat jarang menurunkan kaca jendela mobilnya. Masalah privasi dan sejenisnya tentu akan menjadi sebuah pertimbangan tersendiri.

Hyundai Staria

Hyundai Staria hadir di Indonesia pada tanggal 20 Agustus 2021. Desain mobil ini diklaim terinspirasi dari pesawat luar angkasa sehingga tampilannya cukup berbeda bila dibandingkan dengan MPV Premium yang ada saat ini.

Pada bagian depan mobil, Hyundai Staria menggunakan gril lebar yang melintang dari sisi ke sisi dan menempatkan LED Projector sebagai sumber cahaya utama. Bergerak ke samping kendaraan, Hyundai menyematkan jendela lebar yang memberikan kesan lapang pada mobil ini. Tak hanya itu, Staria juga sudah dilengkapi dengan roda berukuran 18 inci yang didesain dengan nuansa sporty.

Saat ini hanya ada dua varian Hyundai Staria yang hadir di Indonesia. Varian pertama adalah Signature 7 yang dijual dengan harga Rp1,02 miliar, sedangkan Signature 9 dibanderol lebih murah yaitu Rp888 juta. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar