Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hyundai sedang Berusaha Datangkan Ioniq 5 N ke Indonesia

Mobil Listrik

Hyundai sedang Berusaha Datangkan Ioniq 5 N ke Indonesia

JAKARTA – Hyundai Ioniq 5 N berpotensi untuk meluncur dan dijual di Indonesia.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto mengakui adanya kemungkinan menghadirkan Ioniq 5 N. Bahkan, pihaknya memang sedang berupaya memasarkan mobil listrik berkemampuan ganas tersebut.

“Untuk Ioniq 5 N memang ada possibility (peluang) karena kami sudah rikues,” beber dia di sela-sela Halal Bihalal Hyundai beberapa waktu lalu di Jakarta.

Sekadar mengingatkan, Ioniq 5 N adalah versi performa tinggi dari Ioniq 5. Debut globalnya berlangsung pada Juli 2023 dalam Goodwood Festival of Speed di Inggris.

Hyundai Ioniq 5 N

Perbedaan Ioniq 5 N dengan Ioniq 5 standar berada di banyak sisi seperti desain eksterior, aerodinamika, hingga teknis semisal baterai plus motor listrik. Ioniq 5 N menggelontorkan tenaga hingga 650 ps dan torsi instan sampai dengan 770 Nm yang disalurkan menuju keempat roda.

Menurut Soerjo, Hyundai berminat menjual Ioniq 5 N di Indonesia karena ada ceruk pasar berkemampuan mapan yang berminat memiliki mobil-mobil seperti itu. Sayangnya, dia belum dapat mengungkapkan target waktu peluncuran Ioniq 5 N di Tanah Air.

“Berdasarkan studi yang kami lakukan, ada segmen konsumen yang walaupun kecil, membutuhkan kendaraan-kendaraan performa seperti itu. Para pehobi, lah. Jadi, ditunggu saja (perkembangannya),” ujar mantan eksekutif PT Toyota Astra Motor (TAM) tersebut.

Hyundai Ioniq 5 N

Ioniq 5 versi standar sendiri sudah mengaspal di Indonesia sejak kuartal satu 2022. Bahkan, crossover ini menjadi mobil listrik murni pertama yang dirakit lokal di Indonesia, tepatnya di pabrik Hyundai Cikarang, Bekasi.

Soerjo belum dapat memberikan informasi terkait kemungkinan perakitan lokal Ioniq 5 N di Cikarang.

“Saya tidak bisa jawab kemungkinan bisa atau enggak (perakitan lokal Ioniq 5 N). tapi, sekali lagi, kalau Ioniq 5 itu sudah produksi Indonesia. Lalu, nantinya, berdasarkan komitmen kami dengan pabrik baterai mobil listrik yang ada di Indonesia, berarti kemampuan kami untuk bikin berbagai mobil listrik,” papar dia.

Menurut Soerjo, ada beragam pertimbangan untuk melakukan perakitan lokal mobil listrik. Aspek yang mesti dipikirkan bukan semata-mata volume, tapi juga menyangkut rantai suplainya. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang