Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki akan ‘Suntik Mati’ Puluhan Model Motor!

Berita Otomotif

Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki akan ‘Suntik Mati’ Puluhan Model Motor!

TOKYO – Honda, Yamaha, Suzuki, serta Kawasaki akan menyetop penjualan dari beragam model sepeda motor. Apa saja?

Empat merek asal Jepang tersebut, seperti dilaporkan Nikkei Asian Review baru-baru ini, bersiap ‘menyuntik mati’ total 20 model motor di pasar Jepang pada akhir 2022.

Standar emisi gas buang terbaru di negara tersebut, yang diberlakukan secara penuh mulai musim gugur mendatang, menjadi penyebabnya.

Model-model yang akan ‘pensiun’ merepresentasikan sekitar 10 persen dari 190-an model yang Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki jual di sana.

Honda, pabrikan motor terbesar di dunia, bakal mengistirahatkan 10 dari 80 model yang mereka kini jual.

Beberapa model yang disebutkan ialah CB400 Super Four, ‘keluarga’ seri Gold Wing, maupun skuter Benly yang ditujukan bagi perusahaan pengiriman.

Yamaha, di sisi lain, nantinya memensiunkan dua model dari seri FJR1300. Sementara itu, Suzuki berencana melakukan diskontinu terhadap lima dari 20 model hingga Oktober mendatang—salah satunya ialah GSX250R.

Adapun Kawasaki sudah menghentikan distribusi dari sebagian model motor besar (motor gede/moge) mereka sejak tahun lalu.

Jepang menerapkan standar emisi gas buang yang lebih ketat untuk model-model terbaru mulai akhir 2020. Pada November mendatang, regulasi yang mengacu pada aturan Euro 5 di Benua Eropa ini rencananya diberlakukan bagi seluruh model.

Agar dapat memenuhi regulasi tersebut, pabrikan motor mesti melakukan dua acara. Pertama adalah menyematkan catalytic converter yang sudah disempurnakan, sedangkan cara kedua ialah menyediakan mesin yang benar-benar anyar.

Runyamnya, pengembangan mesin baru memakan sangat banyak biaya. Sementara itu, harga metal langka yang digunakan pada catalytic converter juga menjulang tinggi.

Mendesain ulang model yang sudah ada untuk memenuhi standar emisi gas buang terkini, menurut seorang sumber dari salah satu pabrikan otomotif besar, bakal menaikkan harga jual motor hingga tiga sampai empat kalinya.

Di tengah situasi ini, merek-merek Jepang pun berencana beralih ke motor listrik sembari mengurangi model bermesin konvensional yang kini eksis secara perlahan.

Honda, misalnya, hanya akan menjual motor listrik mulai 2040. Lalu, 90 persen produksi Yamaha pada 2050 adalah motor listrik. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga motor baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar