Honda Tak Tutup Peluang Hadirkan Pesaing Raize & Rocky di Indonesia

Berita Otomotif

Honda Tak Tutup Peluang Hadirkan Pesaing Raize & Rocky di Indonesia

JAKARTA – SUV murah 5 penumpang dari Honda diakui bisa saja hadir di Indonesia pada masa mendatang.

Model-model SUV kompak dua baris seharga kurang-lebih Rp200 jutaan makin marak di pasar otomotif Tanah Air. Pada tahun ini saja sudah tiga pemain baru hadir, yaitu Toyota Raize, Daihatsu Rocky, serta Renault Kiger.

Sebelum itu, pada tahun lalu, sudah ada Kia Sonet 5-seater maupun Nissan Magnite.

Toyota Raize 2021

Eksekutif Honda di Indonesia sendiri, ketika ditanyakan Mobil123.com terkait tren SUV murah lima penumpang, tak membantah adanya kemungkinan ikut terjun di segmen tersebut.

Studi mengenai segmen-segmen baru yang bisa mereka rambah, menurutnya, terus berlangsung.

“Tentunya, sekali lagi, dalam mengintroduksi produk baru kami selalu melihat kondisi pasar dan apa yang diinginkan konsumen. Studi terus dijalankan. Kalau pasarnya baik dan konsumen menginginkannya, kami pasti akan menawarkannya,” ucap Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy dalam konferensi pers virtual akhir pekan lalu.

“Kami selalu memberikan produk berinovasi tinggi dan apa yang diinginkan konsumen. Tidak usah khawatir,” lanjut dia lagi.

Honda WR-V

Kalau ingin mengisi segmen ini, kandidat dari Honda yang sudah eksis sekarang tentu saja adalah WR-V. 

Di pasar India, WR-V dijual dengan harga mulai 876.008 rupee atau Rp169,13 jutaan (1 rupe = Rp193,08) per September 2021.

Honda WR-V 2021

Dimensi panjang, lebar, maupun tingginya masing-masing 3.999 mm, 1.734 mm, 1,601 mm. Jarak sumbu roda alias wheelbase dari WR-V, 2.555 mm. Adapun ground clearance atau jarak terpendek bodi mobil dari tanah 188 mm.

Opsi mesin WR-V ada dua. Pertama ialah mesin bensin 1.2-liter i-VTEC, empat silinder, SOHC berdaya puncak 88 hp di 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 110 Nm di 4.800 rpm. Dapur pacu ini dipadankan dengan transmisi manual lima percepatan.

Lalu, terdapat pula mesin diesel 1.5-liter i-DTEC, empat silinder, DOHC dengan produksi tenaga terbesar 98 hp di 3.600 rpm, dengan torsi maksimal 200 Nm di 1.750 rpm. Sebagai ‘jodohnya’, disematkan transmisi manual enam percepatan.

Fitur-fiturnya antara lain Head Unit 7 Inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay, Voice Command, Start/Stop Button, Keyless Entry System, Cruise Control, Dual SRS Airbag, sistem pengereman ABS+EBD, Multi Rear View Camera with Guideline, hingga Brake Override System. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar