Honda dan Toyota Hentikan Produksi di Jepang

Berita Otomotif

Honda dan Toyota Hentikan Produksi di Jepang

TOKYO - Toyota Motor Corp dan Honda Motor Co terpaksa menghentikan produksi mobil di Jepang pascagempa yang mengguncang Kyushu, Kamis (14/4). Pengumuman menghentikan produksi setelah berkekuatan 6,4 skala richter itu merusak pabrik.

HMC menghentikan produksi untuk tiga pabriknya berada di Ozu, Kumamoto (Ozu-machi, Kikuchi-gun, Kumamoto). Honda mengumumkan akan menutup pabriknya sampai 22 April 2016. Rencana produksi berikutnya akan ditentukan sesuai dengan kondisi fasilitas pabrik dan jumlah pasokan komponen mobil.

Sementara itu Toyota menutup beberapa pabriknya yang berada di prefektur Fukuoka. Rencananya, untuk menjaga jumlah pasokan mobil, Toyota akan memberlakukan buka-tutup pabrik secara bergantian mulai 18 - 23 April 2016.

"Karena kekurangan komponen yang disebabkan gempa yang melanda pulau Kyushu pada 14 April, setelah Toyota akan menghentikan produksi pada lini perakitan kendaraan," kata Toyota dalam keterangan resminya.

Toyota mengumumkan mengenai dimulainya operasi di pabrik di Jepang akan dilakukan atas dasar ketersediaan suku cadang. Hingga saat ini, belum bisa dipastikan kapan pabrik-pabrik Honda dan Toyota akan kembali beroperasi secara normal.

Selain menyebabkan kerusakan pada gedung-gedung, gempa juga menyebabkan jalan dan mengganggu jadwal penerbangan. Bahkan layanan kereta listrik di Kyushu untuk sementara ini terhenti.

Gempa bumi mengguncang Pulau Kyushu pukul 21.26 waktu setempat menyebabkan sembilan orang dinyatakan tewas, dan sekitar 800 orang lain menderita luka-luka. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

Tag Terkait


M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support