Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

N-VAN EV Jadi Bahan Riset Mobil Listrik Kolaborasi Honda - Pertamina

Berita Otomotif

N-VAN EV Jadi Bahan Riset Mobil Listrik Kolaborasi Honda - Pertamina

TANGERANG - PT Honda Prospect Motor (HPM) telah mengumumkan kerja sama dengan Pertamina Patra Niaga dan Pertamina New Renewable Energy dalam melakukan riset mengenai penggunaan mobil listrik dalam aktivitas niaga di perkotaan. 

Melalui kemitraan ini, HPM akan menghadirkan prototipe mobil listrik baru; Honda N-VAN EV Prototype.

Mobil listrik ini nantinya akan mendukung kegiatan pengantaran barang dari gudang ke unit Bright Store milik PT Pertamina Retail di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Penandatanganan Perjanjian Studi dilakukan oleh beberapa petinggi dari kedua belah pihak di GIIAS 2023, Senin (14/8/2023) kemarin.

Di antaranya adalah Kotaro Shimizu, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor, Dannif Danusaputro, Direktur Utama Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE), dan Riva Siahaan, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga.

Tujuan utama dari kerja sama ini adalah mengumpulkan data dan pengalaman terkait penggunaan mobil listrik dalam konteks niaga, khususnya dalam pengantaran barang. 

Aspek yang akan diteliti meliputi keandalan baterai, proses pengisian ulang, serta kenyamanan dan efektivitas mobil Honda N-VAN EV Prototype dalam operasional pengantaran barang di lingkungan perkotaan.

Riset ini berlangsung selama 3 bulan, dengan Honda N-VAN EV Prototype akan aktif selama 3 hari dalam seminggu, selama 8 jam per harinya mengirimkan logistik dari gudang penyimpanan Pertamina Retail ke 14 lokasi Bright Store di sekitar Jakarta. 

Harapan dari riset ini pun disebut dapat memberikan pemahaman mengenai potensi mobil listrik sebagai solusi yang ramah lingkungan dan efisien dalam kegiatan logistik dan distribusi.

Sekilas Tentang Honda N-VAN

Honda N-VAN EV Prototype yang digunakan pada riset ini adalah pengembangan dari model mobil Honda N-VAN.

Honda N Series merupakan lini produk kei car Honda di Jepang. Mobil terpopuler di Jepang lantaran terjual lebih dari 3 juta unit.

Sekilas deretan Honda N Series;

  • Honda N-Van diperkenalkan tahun 2018
  • Honda N-BOX diperkenalkan tahun 2011
  • Honda N-One diperkenalkan tahun 2012
  • Honda N-WGN diperkenalkan tahun 2013

Salah satu fitur menariknya adalah ruang bagasinya yang mudah digunakan, berkat penghapusan pilar tengah di sisi penumpang. 

Hal ini memungkinkan bukaan yang lebih besar di sisi penumpang depan kendaraan, memudahkan dalam proses pengisian dan pengambilan barang.

Selain menjadi solusi praktis bagi dunia bisnis, Honda juga menghadirkan N-VAN EV Prototype sebagai bagian dari komitmen terhadap lingkungan. 

Rencananya, volume produksi akan mencapai 2 juta unit setiap tahunnya.

Penggunaan N-VAN EV Prototype dalam riset bersama Pertamina menjadi langkah konkret dalam merealisasikan komitmen ini. 

[Ryn/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang