Honda Brio RS vs Suzuki Ignis

Panduan Pembeli

Honda Brio RS vs Suzuki Ignis

JAKARTA – Suzuki Ignis  Honda Brio tentunya bersaing ketat di kelas city car, Mobil123.com mencoba mengkomparasinya melalui beberapa aspek untuk mengetahui perbedaannya.

Suzuki Ignis hadir meramaikan segmen City Car di Tanah Air dengan dipersenjatai berbagai fitur termutakhir. Produk baru PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ini kemudian menjadi penantang serius Honda Brio yang telah menjadi penguasa di segmennya.

Meskipun Suzuki Ignis diklaim sebagai Urban SUV oleh pihak SIS, namun secara dimensi kendaraan ini masuk ke pasar mobil perkotaan bertubuh mungil. Sejak pertama kali dikenalkan pada pertengahan April silam, model baru merek asal Jepang tersebut berhasil memikat konsumen di Indonesia.

Eksterior
Dari segi tampilan, Suzuki Ignis menawarkan desain menarik sekaligus fitur-fitur paling paling menarik di kelasnya. Dengan dilengkapi LED Proyektor pada lampu utama dan Daytime Running Lights (DRL), serta grill yang menyambung dari ujung kiri lampu hingga sisi paling kanan, bagian muka Ignis lebih terlihat sporty.

Sedangkan pada Honda Brio RS, permainan aksen krom pada grill dengan dukungan lampu utama berteknologi proyektor dan disertai LED light guide, membuat tampilan mobil menjadi lebih elegan. Baik Ignis maupun Brio RS sama-sama telah dilengkapi fog lamp guna membantu pencahayaan.

Disebut Urban SUV atau Crossover, desain bodi Ignis terlihat lebih boxy daripada kompetitornya. Hal ini berguna untuk memberikan headroom lebih lapang bagi penumpangnya. Lebih jauh, Suzuki Ignis dilengkapi roof rail yang memperkuat kesan macho.

Interior
Masuk ke dalam kabin, Suzuki Ignis yang hadir belakangan seakan mengoreksi kekurangan dari para kompetitor. Permainan warna pada trim serta didukung fitur canggih membuat pabrikan berlambang S ini unggul.

Alat kemudi pada Suzuki Ignis telah dilengkapi dengan beberapa tombol yang terintegrasi dengan fungsi audio, telepon dan indikator perjalanan di MID. Sementara Honda Brio tampil minimalis namun menciptakan suasana lapang pada baris depan kendaraan.

Fungsi head unit pada kedua kendaraan kurang lebih sama dengan menyediakan fitur pemutar CD, port USB dan Radio. Sejatinya Ignis memiliki fitur monitor layar sentuh yang dapat disematkan teknologi navigasi. Namun konsumen harus merogoh kocek lebih dalam guna mendapatkannya.

Bagian menarik dari Suzuki Ignis adalah desain kontrol pengatur suhu ruangan yang futuristik. Terletak di bawah head unit, fitur ini membuat tampilan dashboard lebih istimewa. Sementara Honda melengkapi Brio RS dengan sederet perangkat keselamatan seperti G-CON + ACE, Side Impact Beam, Pedestrian Protection, Dual Front SRS Airbags, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, keyless Entry, Immobilizer, dan Alarm System.

Dimensi
Seperti dijelaskan di awal, Ignis hadir dengan bodi kotak guna memberikan ruang lebih lapang dalam kabin. Ignis memiliki dimensi panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm dan tinggi 1.595 mm. Sedangkan Brio RS panjanngnya mencapai 3.610 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm.

Meskipun hanya berbeda sedikit selisih dimensi kedua kendaraan, tentunya memberikan pengaruh pada kenyamanan dalam melakukan perjalanan.

Mesin
Pada sektor ini, Ignis tidak dibekali dengan teknologi paling mutakhir. Meskipun sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.2-liter, Honda lebih unggul dalam segi tenaga maupun teknologi canggih.

Jantung pacu i-VTEC yang terkenal sangat handal di arena balap, mampu memuntahkan tenaga sebesar 86 hp pada 6.000 rpm. Torsi yang dihasilkan mencapai 109 Nm pada 4.500 rpm. Sedangkan Suzuki Ignis hanya menghasilkan tenaga 81 hp pada 6.000 rpm dan torsi hingga 113 Nm pada 4.200 rpm.

Uniknya meskipun sama-sama menghadirkan dua pilihan transmisi (manual & matik), namun pada Ignis sistemnya matiknya lebih konvensional. Transmisi Automatic Gear Shift (AGS) Ignis terasa lambat menjalankan perintah dari mesin.

Pada Honda Brio RS tipe matik, sistem transmisinya telah dilengkapi dengan teknologi CVT. Sehingga memberikan akselerasi lebih responsif namun minim hentakan. Hal ini tentunya memberikan nilai tambah sektor kenyamanan.

Harga
Dikatakan sebagai penantang serius, Suzuki Ignis ditawarkan lebih murah dari Honda Brio RS. Produk terbaru dari SIS ini dibanderol mulai dari Rp 139,5 juta hingga RP 169,5 juta. Sementara Brio RS dihargai mulai dari RP 163 juta hingga RP 178 juta. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support