Hati-hati Saat Menyetir Mobil Canggih

Panduan Pembeli

Hati-hati Saat Menyetir Mobil Canggih

DETROIT - Tidak selamanya mobil dengan penggunaan perangkat canggih seperti smartphone bisa dinikmati. Rupanya bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

Hati-hati bagi Anda yang mengendarai mobil canggih saat mudik ke kampung halaman nanti.

Demikian ungkapan David Strayer, seorang profesor kognisi dan ilmu saraf Utah State University (USU). Pria yang pernah menulis tentang bahaya mengemudi ini menegaskan banyak sekali faktor utama kecelakaan lalu lintas, rata-rata diakibatkan hilangnya konsentrasi.

Namun produsen mobil memiliki pendapat berbeda. Kebanyakan dari mereka sengaja menampilkan dashboard yang 'berperilaku' seperti ponsel pintar agar menarik minat pembeli.

Pabrikan 'ngotot' dashboard layaknya Ponsel pintar dengan layar-sentuh tidak menyebabkan kecelakaan, sebab terintegrasi voice control, tombol pada kemudi, dan layar-sentuh berukuran besar yang akan membuat pengemudi lebih aman daripada meraba-raba ponsel saat mengemudi.

Bahaya mobil canggih tersebut coba diperkuat oleh Joe Simitian. Mantan anggota parlemen California yang memimpin hukum negara pada penggunaan ponsel saat mengemudi ini mengatakan, "Saya pikir (layar) menimbulkan pertanyaan keamanan publik yang sangat serius."

Dia menegaskan mobil yang terlalu canggih membuat pengemudi malah akan sulit berkonsentrasi di jalan.

Pembahasan tentang dashboard secanggih smartphone ini terus dibahas di parlemen AS, apakah teknologi tersebut berbenturan dengan undang-Undang tentang keselamatan nasional di Negeri Paman Sam itu.

Namun untuk menghindari datangnya teknologi tersebut sepertinya agak sulit. Sebab, dalam studi JD Power ditemukan adanya 15 persen dari konsumen tidak tertarik beli mobil jika tidak memiliki teknologi terbaru. Angka tersebut naik jika dibandingkan tahun lalu yang hanya 4 persen. Belum lagi anak muda AS kini lebih tertarik dengan hal-hal berbau ponsel pintar ketimbang mobil.

Bayangkan jika dunia otomotif dan dunia gadget digabungkan. Bukan tidak mungkin makin banyak tingkat kecelakaan di masa depan. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support