Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Harga Suzuki Swift Bekas Terbaru, Paling Murah Cuma Rp65 Juta

Berita Otomotif

Harga Suzuki Swift Bekas Terbaru, Paling Murah Cuma Rp65 Juta

Suzuki Swift sempat populer di Indonesia, tapi sayang sekarang unit barunya sudah tidak ada lagi, yang tersisa hanya versi bekas saja.

Saat ini, mobil jenis hatchback kalah pamor dari Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi-Purpose Vehicle (MPV). Meski begitu, peminat hatchback masih tetap ada walaupun pasarnya kecil.

Salah satu mobil hatchback yang masih memiliki penggemar sampai sekarang adalah Suzuki Swift. Mobil ini sangat digemari karena ukurannya yang mungil dan cocok untuk kalangan anak muda atau keluarga muda.

Bentuknya yang kecil menjadi sangat mudah dan enak dikendarai di jalan perkotaan.

Akan tetapi, cukup disayangkan Suzuki Indonesia sudah tidak lagi menjual Swift versi baru. Saat ini hanya ada Suzuki Swift bekas yang dijual oleh diler-diler mobil bekas.Harganya cukup terjangkau paling murah Rp65 juta dan termahal Rp165 juta.

Untuk rincian lengkap harga beserta tahun produksinya akan dijabarkan di bawah ini, tapi sebelum jauh ke sana, ketahui dahulu sejarah Swift di Indonesia, Spesifikasi, kekurangan dan kelebihannya. 

Sejarah Suzuki Swift di Indonesia

Suzuki Swift pertama kali masuk ke Indonesia pada 2005, saat itu masih diimpor secara utuh atau completely built up (CBU) dari Jepang.

Kemudian Suzuki Indonesia merakitnya sendiri di Bekasi, Jawa Barat, mulai November 2007. Saat itu, mesin yang digunakan Swift hanya tipe M15A 1.5L berbahan bakar bensin.

Swift generasi pertama yang dipasarkan di Indonesia ada dua tipe, GT dan GL. Keduanya merupakan versi CBU Jepang. Kemudian versi faceliftnya sudah dirakit secara lokal. Tipe-nya GT2 (dengan body kit Swift Sport) dan ST (Standar).

Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009, muncul varian GTS dengan body kit yang berbeda dari GT2 dan knalpotnya pindah ke tengah.

Pada Juni 2010, tipe GT2 diganti dengan GT3.

Generasi kedua dari Suzuki Swift meluncur di IIMS 2012. Mesin yang digunakan ada dua pilihan, 1.4L (K14B) dan 1.6L (M16A) untuk varian Sport. Kedua tipe mesin tersebut berbahan bakar bensin.

Lalu pada Juni 2013, Suzuki Swift Sport masuk ke Indonesia, diimpor dari Jepang untuk menggantikan GT3 yang sudah dihentikan produksinya. Kemudian varian GS muncul di Juni 2015.

Suzuki Swift pelan-pelan mulai menghilang sejak Mei 2016. Pada saat itu, Suzuki Swift Sport generasi kedua dihentikan penjualannya. Sampai akhirnya pada April 2017, penjualan Swift  dihentikan.

Spesifikasi Suzuki Swift

Eksterior

Jika bisa dikatakan secara gamblang, bentukan luar dari Suzuki Swift tidak seperti mobil hatchback pada umumnya, bahkan lebih mirip city car, Mini Cooper.

Ini disebabkan dimensinya yang terhitung mungil untuk mobil hatchback. Generasi pertamanya memiliki panjang 3.695 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.500 mm, dan ground clearance 140 mm.

Untuk desain bagian depannya terdapat headlamp berukuran besar dan gril depan berdesain sederhana dengan logo “S” khas Suzuki beraksen krom di tengahnya. Ditambah dengan fog lamp dan lubang udara di bumper depan, serta pelek 16 inci yang memberikan kesan sporty.

Lalu di belakang tersemat lampu rem dan rear combination lamp berdesain memanjang ke samping mobil, mengikuti lekukan mobil antara jendela dengan gagang pintu.

Kesan sporty Suzuki Swift semakin terasa berkat adanya tambahan roof spoiler.

Interior

Secara keseluruhan, bagian interior Suzuki Swift terlihat sederhana, ruang kabinnya tidak terlalu luas. Hanya ada dua baris kursi dengan kapasitas 4-5 orang, cukup untuk keluarga kecil.

Meski tidak luas, jok mobil dibalut bahan berkualitas, sehingga penumpang dan pengemudi dapat merasa nyaman ketika berkendara.

Desain dasbor dan lingkar kemudi Swift juga tampil sederhana.

Untuk sistem hiburannya, Swift dilengkapi dengan sistem audio Double DIN lengkap dengan radio AM/FM dan CD player. Kemudian ada fitur pengatur AC yang bisa membuat suasana kabin lebih sejuk saat berkendara.

Ruang bagasi Suzuki Swift terbilang cukup untuk mengangkut barang ukuran sedang, dan kursi baris kedua dapat dilipat untuk menambah ruang bagasi.

Mesin dan Performa

Mesin yang disematkan pada Suzuki Swift generasi awal adalah tipe M15A kapasitas 1.500 cc. Dengan mesin tersebut, mobil mampu melaju dengan tenaga maksimum 99 hp dan torsi puncak 143 Nm.

Kemudian Suzuki Swift varian GS dan GX dilengkapi mesin tipe K14B kapasitas 1.400 cc bertenaga 94 HP dan torsi 130 Nm.

Varian Sport dari Swift dilengkapi dengan jantung pacu yang lebih bertenaga. Mesin yang dimaksud bertipe M16A kapasitas 1.600 cc, yang mana bisa memproduksi daya mencapai 136 hp dan torsi 160 Nm.

Mesin tersebut didukung oleh dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual 5-percepatan atau transmisi otomatis 4-percepatan.

Suzuki Swift disokong suspensi MacPherson Strut Independent di bagian roda depan dan Torsion Beam di belakang.

Kelebihan Suzuki Swift

Setiap kendaraan pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan, tidak terkecuali Suzuki Swift.

Dibawah ini adalah beberapa kelebihan dari Suzuki Swift.

Desain yang Timeless

Desain dari Suzuki Swift terbilang tidak berubah-ubah sejak generasi pertama meluncur di Indonesia. Tapi, minimnya perubahan dari generasi ke generasi ini membuat desain Suzuki Swift berkesan klasik dan tidak lekang oleh waktu.

Tampilannya sedikit membulat, namun seiring berjalannya waktu dan beberapa pembaruan, desain bodinya menjadi lebih sporty dan dinamis, namun tetap mempertahankan karakter aslinya.

Karakter desain yang tidak berubah-ubah inilah yang membuat Suzuki Swift unik daripada mobil lain.

Mesin Bandel

Jantung pacu yang disematkan pada Swift terkenal cukup awet dan bandel, tentunya ini menjadi poin plus untuk sebuah mobil.

Dengan mesin yang tahan lama, pastinya usia pakai mobil ini menjadi bertambah, sehingga sangat menguntungkan pemilik karena tidak keluar biaya lebih untuk servis atau ganti mobil.

Ditambah lagi, jaringan diler dan bengkel resmi Suzuki sangat luas di Indonesia. Perawatannya pun semakin mudah.

Performa Bertenaga

Selain bandel, performa mesin yang disematkan pada Suzuki Swift juga bertenaga, membuat pengalaman berkendara lebih meyenangkan.

Contohnya saja varian GS dan GX yang dilengkapi dengan mesin kapasitas 1.400 cc, mampu menghasilkan tenaga 94 hp dan torsi mencapai 130 Nm.

Apalagi varian Sport-nya yang memiliki mesin lebih besar kapasitas 1.600 cc. performanya pun juga lebih mantap, dengan daya yang dihasilkan bisa mencapai 136 hp dan torsi puncak 160 Nm.

Kekurangan Suzuki Swift

Suzuki Swift juga mempunyai beberapa kekurangan yang patut diketahui sebelum membeli.

Kekurangan-kekurangannya tidak terlalu signifikan, namun tetap harus dipertimbangkan agar ketika sudah membeli tidak merasa kecewa.

Dibawah ini beberapa kekurangannya.

Sudah Stop Produksi di Indonesia

Kelemahan yang paling terasa dari Suzuki Swift adalah fakta bahwa mobil tersebut sudah tidak diproduksi lagi di Tanah Air.

Karena sudah berhenti produksi, ketersediaan suku cadangnya lambat laun akan langka dibanding mobil baru.

Belum lagi kelangkaan suku cadang ini akan membuat harganya membengkak, sehingga pemilik Swift perlu merogoh kocek lebih dalam.

Harga Jual Kembali Jatuh

Untuk yang hobi gonta-ganti mobil, salah satu pertimbangan dalam membeli sebuah mobil adalah harga jual kembalinya. Harga jual kembali yang tinggi memungkinkan pemilik untuk membeli mobil baru yang lebih bagus dengan modal yang lebih kecil.

Swift merupakan mobil yang memiliki harga jual kembali rendah. Salah satu alasannya adalah nama dari Suzuki Swift yang lebih “tenggelam” dibanding dengan mobil-mobil pesaingnya.

Tetapi, tidak sepenunya nama brand menjadi alasan utama yang memengaruhi harga jual kembali. Masih ada faktor lain seperti kondisi kendaraan dan lain-lain.

Harga Suzuki Swift Bekas

Di Mobil123.com, terdapat ratusan Suzuki Swift bekas yang siap dibeli. Tahun produksinya mulai dari 2006 hingga 2016. Kisaran harganya juga terjangkau.

Berikut kisaran harga Suzuki Swift bekas yang ada di listing Mobil123.com:

  • Suzuki Swift bekas tahun 2006 Rp65 juta – Rp125 juta
  • Suzuki Swift bekas tahun 2007 Rp80 juta – Rp93 juta
  • Suzuki Swift bekas tahun 2008 Rp69,9 juta – Rp96 juta
  • Suzuki Swift bekas tahun 2009 Rp82 juta – Rp100 juta
  • Suzuki Swift bekas tahun 2010 Rp90 juta – Rp105 juta
  • Suzuki Swift bekas tahun 2011 Rp92 juta – Rp115 juta
  • Suzuki Swift bekas tahun 2012 Rp110 juta – Rp135 juta
  • Suzuki Swift bekas tahun 2013 Rp105 juta – Rp150 juta
  • Suzuki Swift bekas tahun 2014 Rp123 juta – Rp158 juta
  • Suzuki Swift bekas tahun 2015 Rp134 juta – Rp148 juta
  • Suzuki Swift bekas tahun 2016 Rp130 juta – Rp165 juta.

FAQ

Q: Berapa Harga Suzuki Swift 2008?

A: Harga Bekas Suzuki Swift tahun produksi 2008 berdasarkan listing di Mobil123.com berkisar dari Rp69,9 juta hingga Rp96 juta.

Q: Suzuki Swift terakhir produksi tahun berapa?

A: Suzuki Swift generasi kedua merupakan yang terakhir berada di Indonesia dengan tahun produksi 2017 sebelum akhirnya stop produksi dan penjualan.

Q: Suzuki Swift termasuk mobil jenis apa?

A: Suzuki Swift merupakan mobil jenis hatchback yang unik karena ukurannya kecil, sehingga banyak digemari kalangan anak muda. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil bekas <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang