Harga Mobil VW Combi Cukup Menarik, Bagi yang Suka Model Klasik

Mobil Bekas

Harga Mobil VW Combi Cukup Menarik, Bagi yang Suka Model Klasik

Harga mobil VW Combi yang cukup terjangkau bisa dijadikan alternatif bagi Anda untuk meminang suatu mobil bekas. Kisaran harga yang ditawarkan pun bisa dibilang abu-abu, karena memiliki kisaran harga mulai dari puluhan juta sampai ratusan juta.

Semua itu tergantung dengan kondisi kendaraan tersebut. Apalagi kini, mobil ini sudah mengikuti tren dan zaman dengan dialih fungsikan menjadi media lain, tidak hanya untuk transportasi.

Kini VW Combi juga bisa dijadikan media berjualan makanan atau minuman, lebih dikenal dengan istilah food truck.

Sejarah VW Combi

Asal mula VW Combi berasal dari kata Kombinationskraftwagen yang bertujuan sebagai mobil yang multifungsi dengan basis VW Kodok. Selain itu VW Combi juga terinspirasi dari Plattenwagen yaitu mobil yang digunakan untuk mengangkut spare part VW kodok.

Kemudian pada 1949 hadir VW tipe 2 atau VW Combi, generasi pertama VW Combi sering disebut juga dengan VW Dakota. Alasan penggunaan nama itu, karena kaca depannya terpisah seperti pesawat Dakota DC-3.

VW Combi generasi pertama terbagi menjadi dalam beberapa tipe yaitu :

  • Combi biasa yang kursi penumpang dapat dibuka pasang karena prioritasnya saat itu untuk membawa barang.

  • Combi Microbus yang lebih nyaman untuk penumpang.

  • Combi Samba bus yang memiliki jendela yang banyak seperti bus.

  • Combi Blind Van yang dibagian belakangnya tidak terdapat kaca digantikan dengan plat.

Lalu 19 tahun kemudian pada 1968 diluncurkan generasi kedua. Saat itu VW Combi hadir dengan ciri khas pembeda dengan generasi sebelumnya, yaitu di bagian kaca depannya sudah menyatu tidak terpisah.

VW Combi yang masuk ke Indonesia sebelum tahun 1972 berasal dari Jerman, namun tahun 1973 sudah mulai dirakit di Tanah Air dengan part yang didatangkan dari Jerman.

Sampai pada 1979 VW Combi generasi kedua berhenti produksi di Jerman, tetapi pasar Indonesia masih melakukan perakitan, sehingga mendatangkan komponen dari Brazil yang juga memproduksi suku cadang Combi maka dari itu Combi di atas tahun 1979 disebut Combi Brazil.

Pada 1983 angka penjualan Combi sudah mulai lesu di pasar Indonesia. Untuk itu VW membuatkan VW Combi Clipper yang menjadi Combi pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan pendingin udara di kabinnya.

Sampai pada 1986 yang menjadi tahun terakhir diproduksinya VW Combi di Tanah Air.  Semua varian Combi menggunakan mesin Boxer berpenggerak roda belakang dengan pendingin udara tanpa radiator yang mesinnya diletakan dibelakang tidak didepan seperti mesin pada umumnya.

Karena ketangguhannya VW Combi sempat dijadikan mobil ambulance, pemadam kebakaran, pick up hingga jadi mobil jenazah. 

Harga Mobil VW Combi di Mobil123

Harga mobil VW Combi memiliki kisaran nominal yang abu-abu, tergantung dengan kondisi eksterior, interior, mesin dan kelengkapan surat. Untuk itu, wajib bagi Anda ketahui harga yang sebenarnya, sebagai patokan ketika Anda tertarik memiliki van klasik ini.

Berdasarkan listing yang ada di Mobil123.com terdapat beberapa VW Combi yang dijual harga termurah Rp90 juta sampai harga termahal Rp388 juta.

VW Combi 1980

Mobil VW yang pertama dibahas ini sudah dimodifikasi menjadi food truck berwarna kombinasi kuning, putih dan abu-abu.

Berdasarkan keterangannya mobil ini keluaran tahun 1980, nomor rangka dan mesin sesuai dengan STNK, siap dipakai usaha dan harga mobil VW Combi ini sebesar Rp80 juta.

Untuk Anda yang mencari VW Combi yang ingin dijadikan food truck mobil ini bisa masuk dalam pertimbangan Anda.

VW Combi 1973

Mobil VW Combi berikutnya keluaran tahun 1973 berwarna merah seharga Rp99 juta. Sayangnya tidak banyak keterangan yang diberikan oleh penjual pada kolom deskripsinya, jika Anda tertarik dapat mengunjungi VW Combi ini di Perumnas 3 Karawaci, Tangerang.

VW Combi 1973

Iklan mobil VW Combi berikutnya sama dengan sebelumnya keluaran tahun 1973 juga berwarna two tone kuning dan putih pada atapnya lokasinya di Semarang, Jawa tengah.

Pada kolom deskripsinya tertulis mobil berplat nomor “H”, pajak hidup, dokumen lengkap seperti bpkb dan stnk, nomor rangka dan mesin sesuai, mobil bisa dipakai harian, jok asli 3 baris dan menggunakan gearbox asli.

Banderol Rp108 juta sebagai harga mobil VW Combi ini.

VW Combi 1980

VW Combi berikutnya dibanderol seharga Rp149 juta berwarna coklat pembuatan tahun 1980.

Dalam deskripsinya penjual menjelaskan VW Combi ini memiliki nomor polisi “N” kota, pada bagian interior sudah dilakukan penyegaran oleh kupu-kupu malam rumah modifikasi asal Yogya.

Dan sektor dapur pacu sudah dilakukan peremajaan juga, serta di beberapa bagian lain untuk meningkatkan kenyamanan seperti kaki-kaki, rem, power steering, AC double blower dan kopling.

Masih dari deskripsinya dokumen lengkap, mobil siap diajak camping karena didalamnya terdapat kursi yang bisa diubah menjadi tempat tidur. 

Untuk Anda yang tertarik dapat mengunjungi penjual yang berlokasi di Malang, Jawa Timur.

VW Combi 1979

Kemudian harga mobil VW Combi bekas yang ini menjadi paling mahal, karena dibanderol seharga Rp388 juta.

Angka yang cukup jauh dibanding iklan yang sudah disebutkan diatas, karena kondisi mobil yang ditawarkan juga lebih rapi. Mobil ini dijual oleh Gerry Mobil yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Selain melayani pembelian secara tunai diler ini juga melayani pembelian secara kredit.

Penjual menyebutkan mobil ini dilakukan peremajaan seperti di bagian eksterior sudah dicat ulang, doff pelek baru, spion baru, plafon dalam kondisi baik dan pajak pertahunnya hanya Rp400 ribuan .

VW Combi 1977

Iklan berikutnya ada VW Combi yang berlokasi di Magelang, Jawa tengah.

Harga mobil VW Combi yang satu ini dibanderol seharga Rp90 juta nego, berdasarkan iklan VW Combi generasi dua ini sudah dicat ulang kombinasi dua warna biru pada bagian bawah dan putih pada bagian atasnya.

Kemudian bagian interior sudah dilakukan peremajaan juga bagian atat dibuat senada dengan bagian luarnya menggunakan warna putih lalu joknya dilapis bahan kulit warna hitam. 

VW Combi 1978

Harga mobil VW Combi selanjutnya ini yang berwarna abu-abu generasi kedua keluaran tahun 1978 dijual seharga Rp139 juta.

Menurut deskripsi iklannya warna mobil ini sesuai dengan stnknya, surat-surat lengkap, nomor rangka dan mesin sesuai, jok asli tiga baris, pelek asli, serta pemiliknya sudah menambahkan AC dan power.

Jika Anda tertarik bisa mengunjungi mobil ini di Semarang serta penjual menerima tukar tambah dengan mobil lain.  Dari listing iklan mobil VW Combi yang disebutkan diatas tidak ada yang tipe VW Combi generasi pertama atau Dakota karena VW Combi Dakota unitnya lebih sedikit dan sudah menjadi “simpanan” para kolektor.

Kabarnya harga VW Combi Dakota sudah mencapai Rp600 jutaan untuk kondisi yang mulus serta surat-surat lengkap.

FAQ

  • Apakah mobil VW Combi boros?

VW Combi bisa dibilang borong karena masih menggunakan karburator untuk pembakarannya.

  • Berapa CC mobil VW Combi?

VW Combi menggunakan mesin berkapasitas 1.600 cc manual transmisi

  • Mobil VW Combi tahun berapa?

Mobil VW Combi diproduksi mulai dari tahun 1949 sampai stop diproduksinya tahun 1986.

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik membeli mobil ini? Langsung saja Download Aplikasi Mobil 123 di iOS atau Android untuk Dapatkan Penawaran Harga Mobil VW Combi Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!

 


Ryan Adriansyah

Ryan Adriansyah

Seorang penyuka otomotif baik roda dua maupun roda empat yang hobi berkendara pada weekend untuk mencari sarapan Memulai karir sebagai tim konten di Carmudi.co.id, lalu bergabung ke mobil123.com pada Agustus 2022.


Berita Utama


Komentar