Harga Honda Mobilio di Masa PPnBM 0 Persen Naik Tipis! Bekasnya Bagaimana?

Panduan Pembeli

Harga Honda Mobilio di Masa PPnBM 0 Persen Naik Tipis! Bekasnya Bagaimana?

Harga Honda Mobilio di masa relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 0 persen terpantau naik sedikit, sekitar Rp 1 jutaan. Banderol mobil bekasnya sendiri sekarang amat terjangkau, dimulai dari Rp 90 jutaan.

Seperti diketahui, pemerintah pada Maret – Desember 2021 memberikan insentif PPnBM kepada mobil – mobil baru sehingga harga jualnya bisa turun di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Akan tetapi, hanya 21 model kendaraan yang sementara ini memenuhi syarat dari pemerintah untuk mendapatkan relaksasi PPnBM itu, termasuk Mobilio.

Insentif dengan skema Pajak Ditanggung Pemerintah (P-DTP) ini diberikan secara bertahap. Tahap pertama, pada Maret – Mei, pemerintah menanggung 100 persen, sehingga PPnBM mobil baru pun menjadi 0 persen.

Pada tahap kedua yang berlangsung pada Juni – Agustus, pemerintah menanggung 50 persen dari tarif PPnBM normal. Tahap terakhir, September – Desember, pemerintah hanya menanggung 25 persen dari tarif PPnBM normal.

Daftar Harga Honda Mobilio Terbaru 2021

Di awal relaksasi PPnBM tahap pertama, harga Honda Mobilio terkoreksi menjadi mulai dari Rp196,1 juta sampai Rp 248,5 on the road (OTR) Jakarta. Akan tetapi, berdasarkan pantauan Mobil123.com di situs resmi Honda Indonesia pada Rabu (24/3/2021) sore, rentang harganya telah terkoreksi.

Honda Mobilio 2021

Kenaikannya tak banyak. Tipe terendah kini menjadi Rp197,6 juta OTR Jakarta, sedangkan tipe tertinggi dijual Rp 250 juta OTR Jakarta.

Secara garis besar, jumlah tipe Mobilio saat ini ada lima. Berikut rincian harga Mobilio baru untuk OTR Jakarta, lengkap dengan nominal kenaikan per tipe:

  • Mobilio S MT Rp197,6 Juta (naik Rp1,5 Juta)
  • Mobilio E MT Rp217,2 Juta (naik Rp1,5 Juta)
  • Mobilio E CVT Rp227,4 Juta (naik Rp1 Juta)
  • Mobilio RS MT Rp239,8 Juta (naik Rp1,5 Juta)
  • Mobilio RS CVT Rp250 Juta (naik Rp1,5 Juta)

Penyebab Honda Mobilio Dapat Relaksasi PPnBM

Mobilio termasuk salah satu model yang beruntung mendapatkan relaksasi PPnBM dari pemerintah, dari 21 model roda empat yang sementara ini berhak menikmatinya. Saudara satu platform dari Honda Brio tersebut memenuhi seluruh syarat yang diberikan oleh pemerintah.

Kebijakan tersebut memang tidak diperuntukkan bagi semua mobil baru. Target kebijakan hanya kendaraan – kendaraan yang punya nilai tambah bagi industri otomotif nasional.

Seperti diberitakan Mobil123.com sebelumnya, relaksasi PPnBM hanya diberikan kepada mobil – mobil penumpang rakitan lokal dengan local purchase atau kandungan komponen lokal minimal 70 persen. Jenisnya bisa dari sedan atau pun nonsedan.

Selain itu, hanya model – model dengan sistem penggerak dua roda (4x2) yang mendapatkannya. Model – model dengan sistem penggerak empat roda (4x4) tidak diikutsertakan.

Honda Mobilio 2021 Dapat Relaksasi PPnBM Mobil Baru

Mobilio bukan satu – satunya model Honda yang memenuhi semua persyaratan di atas dan mendapatkan insentif PPnBM mobil baru. Ada tiga model lain lagi yaitu HR-V, BR-V, serta Brio RS.

Brio Satya, sebagai varian lain dari city car Brio, tidak mendapatkannya karena termasuk dalam segmen low cost green car (LCGC) atau disebut juga KBH2 (Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau). Segmen itu sejak kemunculannya pada 2013 sudah mendapatkan keistimewaan berupa pembebasan PPnBM hingga menjadi 0 persen.

Honda Brio RS dan Brio Satya

HR-V yang masuk dalam daftar pun adalah yang tipe mesin bensin 1.5-liter. Tipe mesin bensin 1.8-liter tidak memenuhi syarat.

Mulai April mendatang, pemerintah akan memperluas lagi relaksasi pajak hingga ke mobil – mobil berkapasitas 2.500 cc. Menurut rencana, persyaratannya akan sama persis dengan saat ini.

Yohannes Nangoi sebagai Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperkirakan ada empat model yang menyusul turun harga. Satu di antaranya Honda CR-V.

Di samping itu, ada Toyota Fortuner, Toyota Kijang Innova, serta Mitsubishi Pajero Sport.

Harga Honda Mobilio Bekas Mulai Rp90 Jutaan

Sebagai model yang telah meluncur sejak 2013, unit – unit mobil bekas dari Mobilio tentu saja sudah banyak terlihat di berbagai dealer kendaraan seken. Apalagi, Mobilio berada dalam segmen paling diminati di pasar otomotif nasional yaitu low multi purpose vehicle (LMPV).

Di Mobil123.com, terdapat ribuan iklan Mobilio bekas yang dapat Anda telusuri. Saat artikel ini ditulis saja, sudah terpampang 1.257 iklan Mobilio bekas.

Unit tertua berasal dari tahun produksi 2013. Sementara itu, unit termuda saat ini berasal dari rakitan 2020.

Iklan terbanyak adalah untuk Mobilio bekas 2014. Jumlahnya mencapai 295 iklan.

Honda Mobilio 2014

Iklan terbanyak kedua dikontribusikan oleh Mobilio bekas 2016. Ada 243 iklan yang dapat Anda cermati.

Harga Mobilio bekas sekarang memiliki rentang yang makin luas. Bagaimana tidak, di pasar, sudah tersedia unit berbanderol puluhan juta rupiah.

Mobilio bekas termurah di Mobil123.com saat ini berbanderol Rp 92,5 juta. Unit berasal dari tahun produksi 2014.

Honda Mobilio Bekas 2014

Tipenya S MT, yang merupakan pilihan terbawah. Unit berwarna bodi abu – abu ini sudah dipakai sejauh 52.500 km menurut odometer.

Kondisi eksterior diklaim mulus. Interiornya bersih dan wangi.

Mesin juga disebut sehat, begitu pula dengan kondisi kaki – kaki. Calon pembeli dipersilakan membawa montir bengkel tepercaya untuk mengeceknya sendiri.

Calon pembeli juga dipersilakan datang untuk mengecek dan melakukan test drive langsung. Unit diklaim bakal memuaskan.

“Bukan bekas tabrak atau banjir. Surat – surat lengkap, siap gas. Ban tebal. Full original. Servis rutin,” papar dealer yang menjualnya.

Mobilio bekas termahal, di sisi lain, hampir seluruhnya memiliki harga di bawah Rp 200 juta pada masa berlakunya insentif PPnBM 0 persen dari pemerintah.

Salah satu contohnya ialah iklan Mobilio bekas 2019 seharga Rp 195 juta. Unit merupakan tipe tertinggi yaitu RS AT.

Honda Mobilio Bekas 2019 Tipe RS AT

Harga yang tercantum dalam iklan adalah untuk pembelian secara kredit. Harga bagi konsumen yang akan membayar dengan kas keras tidak disebutkan.

Total Down Payment (TDP) bagi unit berwarna bodi abu – abu ini Rp 55 juta. TDP sendiri merupakan uang muka plus cicilan bulan pertama.

Adapun besaran angsuran per bulannya Rp5.102.000 dengan tenor kredit selama empat tahun.

“Bukan bekas tabrak atau banjir. Surat – surat lengkap, siap gas. Ban tebal. Full original. Service Record. Pajak panjang, hingga September 2021” papar dealer penjual mengenai Mobilio bekas 2019 dengan jarak pemakaian hanya 15 ribu km ini.

Rentang harga mobil bekas sendiri, menurut keterangan salah satu dealer mobil seken yang diwawancarai beberapa waktu lalu, pasti terpengaruh oleh relaksasi PPnBM khususnya untuk 21 model yang ‘menikmatinya’. Karena itulah, kisaran harga Mobilio bekas pun ke depannya bisa berubah – ubah sesuai dengan tahapan insentif PPnBM dari pemerintah.

Sejarah Singkat Honda Mobilio di Indonesia

Mobilio, menurut penelusuran dari berbagai sumber, pertama kali diperkenalkan di Nusantara pada September 2013. Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) dimanfaatkan sebagai tempatnya melakukan debut.

Akan tetapi, distribusi Mobilio baru dilakukan pada Januari 2014. Ketika itu, Mobilio terdiri dari varian S, E, serta Prestige dengan rentang harga OTR Jakarta sekitar Rp 150 juta sampai Rp 190 jutaan.

Honda Mobilio 2014

Mobilio berbagi platform dengan Brio yang terlebih dahulu hadir pada 2012. Perakitannya pun juga dilakukan di pabrik Honda Karawang, Jawa Barat.

Dapur pacunya menggunakan mesin bensin 1.5-liter, SOHC, 16 katup, i-VTEC. Semburan tenaga maksimalnya mencapai 118 ps, dengan torsi puncak 145 Nm.

Mesin dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan atau otomatis Continously Variable Timing (CVT).

Pada Juni 2014, Mobilio RS diperkenalkan sebagai tipe termewah. Ini merupakan tipe RS kedua Honda di Indonesia, setelah Jazz pada 2008.

Tiga tahun setelah itu, tepatnya pada Januari 2017, Mobilio facelift mengaspal. Jumlah varian disederhanakan menjadi tiga yaitu S, E, plus RS.

Honda Mobilio Facelift

Eksteriornya berubah cukup kentara, khususnya pada sektor fascia depan. Interior dan fitur juga mengalami penyempurnaan, tapi mesin tidak diutak – atik.

Mobilio Special Edition sempat hadir meramaikan pameran IIMS 2018. Akan tetapi, ubahannya hanya bersifat kosmetik dan produksinya pun terbatas.

Pada 2019, Honda menghadirkan versi minor change pada Mobilio yang bertahan hingga saat ini. Tipe S dan E mendapatkan penyegaran minim di desain pelek, sedikit kosmetik di eksterior, dan penyematan Head Lamp Projector dengan LED Day-time Running Light (khusus tipe E).

Adapun tipe RS mendapat tambahan Aero Kit, desain pelek tersendiri, antena ‘Shark Fin’, Smoke Rear Combi Lamp, dasbor dengan aksen oranye, plus Head Unit anyar.

Spesifikasi dan Fitur Honda Mobilio 2021

Mobilio saat ini memiliki dimensi panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, serta tinggi 1.603 mm. Jarak sumbu roda (wheel base) 2.650 mm, dengan ground clearance 189 mm.

Sektor dapur pacu sejak 2013 belum diperbarui. Hingga kini, Mobilio masih menggunakan mesin bensin 1.5-liter SOHC, 4 silinder segaris, 16 katup + DBW dengan sistem suplai bahan bakar PGM-FI dan kompresi 10,3:1.

Gelontoran daya puncaknya 118 ps di 6.600 rpm. Sementara itu, torsi maksimalnya 145 Nm di 4.500 rpm.

Tenaga disalurkan menuju dua roda depan dengan transmisi manual lima percepatan atau otomatis CVT.

Honda Mobilio RS CVT

Seluruh tipe Mobilio menggunakan pelek alloi 15 inci dengan profil ban 185/65. Rem depan menggunakan cakram, sementara yang belakang masih menggunakan rem drum.

Kendati begitu, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) sudah menjadi standar untuk semua tipe.

Kelengkapan standar di eksterior Mobilio adalah Projector Head Lamp dan Day-time Running Light. Ada pula Heat Rejecting Green Tinted Glass, Rear Wiper, Rear Combi Stop Lamp, Auto Wiper plus Rain Sensor, Active Grille Shutter, Auto Reverse Tilt-Down Side Mirror.

Mulai varian E, terdapat LED Day-time Running Light, Fog Lamp, Rear Parking Camera, Roof Moulding Garnish. Varian RS lebih lengkap dengan Power Retractable Door Mirror, Chrome Exhaust Pipe plus Finisher, Rear License Garnish, Aero Kit, Smoke Combi Lamp.

Interior Mobilio S dan E MT dilengkapi Head Unit Double Din. Tipe E CVT menggunakan layar sentuh 6,2 inci, sedangkan mulai varian RS Head Unit layar sentuhnya berukuran 6,8 inci.

Honda Mobilio 2021

ECO Assist menjadi kelengkapan standar di dalam kabin. Ada lagi Digital AC, Rear AC System, 9 Cup Holder, Separated and Adjustable Headrest, One Touch Tumble Second Row Seat, Fold and Tumble Second Row and Third Row Seat, Reclining Second Row Seat.

Mulai tipe E MT mendapat tambahan Audio Steering Switch, Sun Visor with Vanity Mirror, Seatback Pocket, Reclining and Sliding Second Row Seat. Mulai tipe E CVT, ada Audio Steering Switch.

Mobilio RS, selain punya layar sentuh paling besar, juga punya Tweeter Speaker dan Digital + Auto AC.

Mobilio memiliki fitur keselamatan standar rangka G-CON + ACE, Dual Front SRS Airbag, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ISOFIX and Tether, Alat Pemadam Api Ringan, Alarm, serta Immobilizer.

Keyless Entry diberikan mulai Mobilio tipe E MT. Pada Mobilio RS CVT, ada keistimewaan lebih berupa fitur keselamatan Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA). [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar