Hankook iON Jadi Ban Resmi di Balapan Formula E, Bakal Dijual di Indonesia

Berita Otomotif

Hankook iON Jadi Ban Resmi di Balapan Formula E, Bakal Dijual di Indonesia

JAKARTA – Hankook iON, ban mobil listrik yang dijadikan ban resmi di balapan Formula E, direncanakan akan dijual di Tanah Air bulan depan.

Hankook Tire, produsen ban asal Korea Selatan, merupakan partner resmi yang menyediakan ban untuk mobil listrik yang berlomba ABB FIA Formula E di Indonesia.

Sebagai pemasok ban di ajang balap mobil listrik ini, Hankook menyediakan produk ban khusus untuk mobil listrik, yaitu Hankook iON Race.

Apriyanto Yuwono, National Sales Manager PT Hankook Tire Sales Indonesia, mengatakan penyediaan ban Hankook iON untuk Formula E ini sesuai dengan petunjuk dari pihak principal, serta sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah untuk mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia.

“Kita memang selalu berpusat di Hankook korea. Kita jadi sponsor di Formula E, jadi kita menjalankan instruksi dari kantor pusat. Di Indonesia sejalan dengan program pemerintah yang peduli dengan lingkungan, kita menyediakan ban khusus untuk EV,” terang Apriyanto kepada rekan media di Jakarta Selatan, Jumat (2/6/2023).

Hankook iON didesain dengan mengedepankan kesenyapan suara dan mendukung performa mobil listrik. Pada dalam ban disematkan foam yang berfungsi untuk meredam suara yang ditimbulkan ban saat berjalan.

Di atas kertas, ban mobil akan lebih senyap sekitar 18 persen.

Keunggulan lain dari Hankook iON adalah alur ban yang lebih awet 15 persen, jarak tempuh baterai mobil listrik lebih jauh 6 persen, dan stabilitas berkendara meningkat 10 persen.

Selain dipakai pada ajang Formula E, Hankook iON juga direncanakan untuk meluncur di Tanah Air dalam waktu mendatang.

“Kurang lebih di Juli sampai Agustus ini, karena di bulan ini kita melakukan impor dari Eropa,” terang Apriyanto.

Adapun produk-produk tersebut akan diimpor dari pabrik Hankook di Hungaria. Dikatakan bahwa kebutuhan akan mobil listrik di sana sudah banyak, sehingga lebih mudah untuk melakukan permintaan ban di Eropa.

Varian Hankook iON yang akan dimasukkan ke Indonesia adalah tipe Summer, yang mana didesain sesuai dengan iklim dan cuaca di Indonesia.

“Untuk saat ini kita sediakan untuk mobil-mobil EV CBU (Completely Built Up) yang sudah ada di Indonesia seperti misalnya Tesla model 3, dan karena di Indonesia populasi (Hyundai) Ioniq 5 juga banyak, kita datangkan juga ban khusus Ioniq 5,” jelas Apriyanto.

Ia juga menambahkan perkiraan harga yang disematkan pada Hankook iON ini adalah sekitar Rp3 – 4 juta-an.

“Ban itu kita impor, secara logistik cukup jauh, jadi kisaran harganya segitu,” tutup Apriyanto. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang