Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Gojek Urus Kendaraan Listrik Bareng Swasta & BUMN, Ini Pesan Jokowi

Berita Otomotif

Gojek Urus Kendaraan Listrik Bareng Swasta & BUMN, Ini Pesan Jokowi

JAKARTA - Swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkolaborasi dalam pengembangan infrastruktur kendaraan listrik. Salah satunya adalah Gojek.

Gojek, menurut keterangan resmi yang diterima Mobil123.com, melakukannya lewat perusahaan gabungan (joint venture) dengan TBS Energi Utama (TBS) yang bernama Electrum.

Selain ingin membangun infrastruktur kendaraan listrik, Electrum ingin mengembangkan teknologi pengemasan baterai, infrastruktur penukaran baterai, serta pembiayaan kendaraan listrik.

Pada Selasa (22/2/2022) kemarin, Electrum bersama dengan BUMN maupun pihak swasta lain melakukan seremoni kolaborasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang turut dihadiri Presiden Joko Widodo.

Adapun perusahaan-perusahaan lainnya adalah Pertamina, Gogoro, Gesits.

Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, dalam kata sambutannya menegaskan pemerintah amat serius mengembangkan energi baru terbarukan, termasuk kendaraan listrik.

Ia pun mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang masuk dari hulu ke hilir untuk ikut membangun ekosistem kendaraan listrik.

“Kami harapkan, sesuai dengan target pada 2030, untuk emisi karbon berada di angka 29 persen dan pada 2060 masuk ke emisi nol atau net zero karbon,” ujarnya.

Salah satu bentuk kolaborasi pertama Electrum, Pertamina, Gogoro, Gesits ialah memperluas pengetesan penggunaan sepeda motor listrik untuk tujuan komersial. Jumlah unit dalam uji coba akan terus ditambah sampai menjadi ribuan unit pada 2022.

Hasil dari aktivitas ini antara lain bakal dijadikan basis rencana bisnis Electrum.

Keempat perusahaan memiliki ‘tugas’ masing-masing dalam kolaborasi. Electrum menjadi integrator dan pengembang ekosistem kendaraan listrik, memanfaatkan Gojek dan TBS.

Pertamina, melalui Pertamina Patra Niaga, siap menyediakan dan menyebarluaskan tempat penukaran baterai mobil listrik di jaringan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) khususnya yang berada di Jakarta Selatan.

Gogoro menyediakan teknologi penukaran baterai dan motor listrik. Sementara itu, Gesits menyediakan motor listrik maupun infrastrukturnya. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang