GM Jual Opel ke PSA Group

Berita Otomotif

GM Jual Opel ke PSA Group

PARIS - General Motor (GM) telah mencapai kata sepakat untuk menjual brand Opel kepada PSA Group.

Reuters memberitakan bahwa dijualnya Opel oleh GM kepada PSA Group telah terjadi jumat (3/3/2017) dan akan diumumkan secara resmi hari ini (6/3/2017). Namun sampai berita ini diturunkan, baik pihak GM maupun PSA Group yang merupakan pemilik Peugeot dan Citroen belum mau bicara banyak soal kesepakatan ini.

Pendekatan PSA Group kepada GM soal akuisisi brand Opel sejatinya telah berlangsung beberapa bulan lalu. Hal lain membuat negosiasi berlangsung lama adalah mencari kesepakatan soal kewajiban pembayaran uang pensiun yang harus ditanggung GM di Eropa, angkanya mencapai Rp 13 triliun.

Kesepakatan lain yang tak kalah alot adalah GM meminta PSA tidak memasarkan model-model Opel sekelas dengan line-up Chevrolet di pasar dunia khususnya China. GM sepertinya khawatir penjualannya akan tergerus oleh mobil dengan platform yang sama milik Opel. 

Untuk diketahui, brand Opel sendiri telah mengalami kerugian bertahun-tahun. GM praktis tidak mendapat keuntungan dari sana, malah menjadi beban bagi mereka. 

Kabarnya selama 16 tahun berturut-turut Opel tidak memiliki keuntungan, terakhir untung sekitar tahun 1999. Setelahnya, tak kurang GM harus menahun total kerugian hingga $ 20 miliar. 

Namun demikian PSA Group yakin akan mengembalikan masa jaya Opel. Apalagi potensi pasar mobil di Eropa masih cukup menjanjikan. 

"Akuisisi ini memberikan kesempatan bagi kami untuk membuat mobil terbaik di Eropa yang dengan penjualan tahunan lebih dari 5 juta unit," ujar Carlos Tavares, Chairman PSA Group. 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support