Geely Urungkan Niat Beli Proton

Berita Otomotif

Geely Urungkan Niat Beli Proton

KUALA LUMPUR - Geely menarik kembali niatan untuk membeli Proton, dengan ini maka PSA Group yang menjadi satu-satunya kadidat kuat untuk mengakuisisi pabrikan mobil asal Malaysia tersebut.

Dikutip dari Carscoops, belum ada keterangan resmi dari kedua belah pihak mengenai hal ini. Geely maupun Proton masih belum mengungkapkan alasan mengapa Geely menarik diri.

Sebelum berita ini muncul, Geely telah menjadi calon paling favorit setelah penawarannya disetujui. Hal ini karena Geely berhasil meningkatkan keuntungan hingga 126 persen menjadi $ 739 juta atau setara dengan Rp 9,847 triliun.

Meski Proton sedang kesulitan keuangan dalam beberapa tahun belakangan ini, pembelian brand tersebut dapat memberikan keuntungan untuk memperbesar perusahaan. Patut diingat bahwa dengan memenangkan lelang brand proton maka pembeli juga berhak untuk membeli pabrik Proton di Tanjung Malim yang mampu memproduksi 150.000 kendaraan.

Sebagai tambahan, memiliki pabrik mobil di Malaysia memberikan beragam keuntungan bagi pemilik selanjutnya untuk bisa melakukan penjualan di negara-negara ASEAN. Karena seperti kita ketahui bersama, pabrikan dapat mengirim kendaraan ke 10 anggota ASEAN tanpa dikenai pajak.

Proton sendiri belakangan kalah bersaing dengan mobil-mobil asal Jepang dan Eropa. Tidak seperti di awal kemunculannya, popularitas Proton di negaranya sendiri terus merosot, akibatnya, Proton harus berjuang hanya untuk sekedar bertahan.

Salah satu strategi yang sekarang dilakukan Proton baru-baru ini adalah meluncurkan Proton Ertiga hasil dengan kerjasama dengan Suzuki. Mobil ini merupakan rebranding dari Suzuki Ertiga, hanya mengganti emblemnya saja. Ertiga yang dijual pun merupakan hasil produksi pabrik Suzuki di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia dan di ekspor ke Malaysia. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang