Gaikindo: Kami Dengar Jokowi Mungkin Hadiri GIIAS 2019 Hari Ini

Berita Otomotif

Gaikindo: Kami Dengar Jokowi Mungkin Hadiri GIIAS 2019 Hari Ini

TANGERANG - Presiden Joko Widodo bisa jadi akan mendatangi hari terakhir pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada Minggu (28/7/2019), menurut informasi yang didapat pengurus asosiasi pabrikan-pabrikan otomotif di negeri ini.

Isu Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, berencana hadir di GIIAS 2019 pada akhir pekan ini pertama kali dari Whatsapp Group wartawan Kementerian Perindustrian yang Mobil123.com ikuti dan kemudian menyebar cepat ke kalangan wartawan otomotif yang lain. Menurut informasi tersebut, Jokowi ingin datang dan mengumumkan aturan mengenai mobil listrik di pameran otomotif terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara itu.

Sekadar mengingatkan, berdasarkan keterangan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat mendatangi GIIAS 2019 beberapa hari lalu, aturan mobil listrik akan diumumkan pekan ini dan bakal terdiri dari dua regulasi. Pertama adalah Peraturan Presiden yang menjadi payung hukum besar percepatan perkembangan mobil listrik, sedangkan yang kedua adalah Peraturan Pemerintah berisi poin-poin teknisnya.

Sepanjang Sabtu (27/7/2019) pagi hingga seremoni penutupan pameran pada malam harinya sendiri tidak ada tanda-tanda kedatangan Jokowi di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang sebagai lokasi berlangsungnya GIIAS 2019. Selepas seremoni penutupan, Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengonfirmasi bahwa pihaknya mendengar Jokowi ingin menyambangi GIIAS 2019 antara hari Sabtu kemarin atau Minggu ini.

“Saya belum berani ngomong (apakah Jokowi pasti datang di hari terakhir GIIAS 2019). Tunggu saja. Saya juga besok (hari ini) balik lagi ke sini. Kita lihat saja bagaimana jadinya. Kami sih mendengarnya begitu (Jokowi datangi GIIAS di akhir pekan ini),” papar dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com.

Revisi Draf Aturan Mobil Listrik
Nangoi kemudian menjelaskan bahwa aturan mobil listrik sudah ditandatangani semua pihak terkait. Tinggal menunggu momen pengumumannya.

“Saat terakhir ada sedikit perbaikan (pada draf peraturan) dan rasanya perbaikan itu justru sifatnya positif sekali untuk industri otomotif,” ujar dia.

Revisi itu, aku Nangoi, berasal dari usulan Kementerian Perindustrian. Sayang, ia menolak memberitahukan apa revisi tersebut.

“Saya tahu tapi saya tidak tahu. Susah ngomongnya. Pokoknya Anda tunggu saja... Kalau tidak besok yang minggu depan,” tukasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar