Forwot dan Tata Motors Gelar Diskusi Soal Industri Logistik

Berita Otomotif

Forwot dan Tata Motors Gelar Diskusi Soal Industri Logistik

JAKARTA - Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) dan PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI)  menggelar diskusi mengangkat tema “Menstimulus Industri Logistik & Kendaraan Niaga di Indonesia,”.

Diskusi tematik ini bertujuan untuk meng-update perkembangan terkini seputar industri  transportasi kargo dan logistik berikut tren penjualan kendaraan niaga di Indonesia.

Berlangsung di Hotel Sherato Gandaria, Jakarta, diskusi ini dihadiri puluhan jurnalis dari sejumlah media, pengamat otomotif, para perwakilan dealer dan konsumen Tata Motors.

Ketua Umum FORWOT Indra Prabowo mengatakan, diskusi semacam ini ke depan akan lebih sering diadakan oleh Forwot untuk mendinamiskan kegiatan organisasi jurnalis otomotif. 

"Kami akan menjalin kerjasama dengan lebih banyak lagi mitra untuk menghelat diskusi dan workshop dengan topik-topik yang sedang hangat di seputar industri otomotif nasional," kata Indra Prabowo. (FORWOT)

Dua pembicara mengawali diskusi sesi pertama yakni Wakil Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Freight Forwarders Indonesia (ALFI) Iman Gandi dan Hery Lazuardi, Pemimpin Redaksi Translogtoday.

Dari keduanya dapat disimpulkan bahwa pasar kendaraan niaga di Indonesia memiliki banyak aspek yang harus diperbaiki. Dan sektor logistik memiliki peran besar seiring dengan tren pertumbuhan bisnis e-commerce di Indonesia di tengah ekonomi nasional yang sedang lesu. Perputaran uang di bisnis e-commerce saat ini diestimasi mencapai 300 miliar dolar AS.

Dari sini pebisnis logistik bisa mengambil keuntungan ekonomi dari industri ini melalui layanan angkutan pengiriman barang yang ditransaksikan berikut manajemen pergudangannya.

“Untuk menggenjot pengembangan sektor logistik di Tanah Air, ALFI saat ini mengajukan usulan reformasi logistik nasional ke Pemerintah. Di regulasi, usulan yang diajukan antara lain harmonisasi regulasi dan deregulasi logistik, penerapan sistem e-payment untuk pengurusan customs clearance (bea cukai),” jelas Gandi

Sementara Hery Lazuardi, Pemimpin Redaksi Translogtoday menyatakan, sebagai negara kepulauan dengan luas daratan mencapai 1.919.317 km persegi, Indonesia amat membutuhkan sarana-prasarana transportasi yang masif dan merata hingga ke pelosok daerah.

"Tak hanya jalan, jembatan, pelabuhan dan bandara, tapi juga alat angkut publik yang mendukung pergerakan manusia serta barang dengan cepat, aman hingga danefisien," ungkapnya.

Namun Indonesia kini menghadapi tantangan indeks kinerja logistik (LPI) yang rendah. Industri transportasi menghadapi isu kongesti, dwelling time, dan lain-lain. Indeks peringkat LPI Indonesia di antara negara ASEAN berada di nomor 4 dan nomor 63 di peringkat global. 

Menurut Hery Lazuardi, perbaikan kualitas infrastruktur Indonesia perlu terus digenjot demi memacu sektor bisnis logistik dan pergerakan transportasi barang semakin lancar yang selanjutnya mampu menekan cost.

Forwot pun melihat sektor logistik dapat menjadi motor pertumbuhan kendaraan niaga di Indonesia. Saat ini pertumbuhan kendaraan logistik sejak 2014 -2015 mencapai 15%, ALFI juga memproyeksikan angka pertumbuhan di tahun ini tidak akan terlalu jauh dari angka itu.

Sedangkan pada sesi kedua, Tata Motors yang berperan sebagai pelaku industri semakin terlihat optimis untuk menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar kendaraan niaganya setelah India. 

“Kami melihat potensi Indonesia untuk kendaraan niaga dan kami yakin dalam lima tahun ke depan dapat menjadikan Tata Motors sebagai brand nomor satu di Indonesia,” kata Presiden Direktur Tata Motors Distribusi Indonesia, Biswadev Sengupta. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual