Ford Berikan Tips 5 Langkah Hemat Konsumsi BBM

Panduan Pembeli

Ford Berikan Tips 5 Langkah Hemat Konsumsi BBM

DUBAI – Ford membagikan cara untuk memastikan konsumsi BBM tetap efisien selama perjalanan.

Ford melihat bahwa berkendara hemat memang sangat ditentukan oleh perilaku mengemudi. Perilaku mengemudi setiap orang berbeda-beda namun bisa dilatih selama orang tersebut mengetahui teknik mengemudi hemat.

Dan berikut adalah lima hal yang harus diperhatikan agar konsumsi BBM lebih hemat.

  1. Mengemudi Tidak Agresif
    Pastikan Anda melihat jalan jauh ke depan dan mengantisipasi situasi jalan untuk menyesuaikan kecepatan yang dibutuhkan. Mengemudi secara agresif seperti berkaselerasi dengan cepat, kebut-kebutan dan melakukan pengereman secara mendadak dapat membuat konsumsi BBM lebih boros.
    Jadi cobalah untuk menjaga kecepatan konstan, melakukan akselerasi dan pengereman secara halus dan tidak melakukan perpindahan lajur. Dengan melakukan hal tersebut, tidak hanya BBM akan menjadi lebih hemat namun juga usia pakai kampas rem dan sebagainya.
  2. Gunakan Cruise Control
    Dengan menggunakan Cruise Control pada jalan raya dapat membantu dalam menjaga kecepatan dan menghemat bahan bakar. Fitur ini juga membuat Anda tidak akan melakukan peningkatan kecepatan dan mempertahankan kecepatan. Dengan kecepatan yang stabil maka konsumsi BBM akan lebih efisien.
  3. Kurangi bobot kendaraan
    Dengan mengurangi bobot kendaraan, maka konsumsi BBM akan lebih efisien karena mobil tidak memerlukan tenaga besar untuk melakukan akselerasi. Coba untuk melakukan perjalanan dengan bobot seringan mungkin namun tetap jangan lupakan beberapa hal penting seperti perlatan darurat.
  4. Kurangi kecepatan
    Berkendara dengan kecepatan tinggi membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros. Dengan mengemudi 90 km/jam maka konsumsi BBM akan lebih efisen 10-15 persen jika dibandingkan dengan mengemudi di kecepatan 100 km/jam.
  5. Kurangi hambatan aerodinamika
    Aerodinamika sebuah mobil sudah dirancang sebaik mungkin. Untuk itu, hindari meletakkan barang bawaan di atap dan sebagainya. Pastikan untuk tetap meletakkan barang di dalam kendaraan. Tak hanya itu, sebaiknya jendela juga tidak dibuka untuk mengurangi hambatan angin. Dengan demikian konsumsi BBM dapat lebih baik. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual