Fitur Cerdas Platform GSEV Bikin Mobil Listrik Kecil Wuling Secanggih Almaz RS

Berita Otomotif

Fitur Cerdas Platform GSEV Bikin Mobil Listrik Kecil Wuling Secanggih Almaz RS

TANGERANG - Meskipun sebelumnya telah diperkenalkan ke depan publik pada pembukaan GIIAS 2021, platform mobil listrik Wuling Global Small Electric Vehicle (GSEV) layak dibedah lebih dalam terutama fitur-fitur yang bisa disematkannya.

Platform GSEV sendiri bukanlah produk baru dari Wuling. Proyek ini lahir sebagai wujud implementasi strategi pemerintah China terkait era kendaraan energi baru dan ramah lingkungan pada 2014.

Menurut paparan Danang Wiratmoko selaku Product Planning Wuling Motors, GSEV dibuat dan terus dikembangkan untuk menjadi basis rancang bangun berbagai mobil listrik kecil pabrikan asal Tiongkok ini.

Bahkan, meskipun belum bisa dibeberkan secara detail, mobil listrik dari platform GSEV ini akan diperkenalkan pada tahun 2022.

"Kami berharap pengenalan platform ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang lini produk EV Wuling yang akan dipasarkan di Tanah Air pada tahun depan," kata Danang.

"Basis GSEV sendiri telah mendapakan respons yang baik di pasar Tiongkok dan memiliki beragam lini produk," lanjutnya.

Platform GSEV pun diklaim mendapat sambutan yang sangat baik dengan torehan penjualan lebih dari 650 ribu unit.

Bahkan secara spesifik, Hongguang EV sebagai salah satu mobil yang dibangun dari GSEV berhasil terjual sebanyak 47.834 unit hingga September 2021 kemarin. Berkat capaian tersebut, Hongguang EV pun diganjar penghargaan China's New Energy Sales selama 14 bulan berturut-turut.

Beragam Fitur Cerdas

Tapi rasanya kurang etis kalau bicara prestasi GSEV namun tidak ada relevansinya dengan kebutuhan masyarakat.

Kenyataannya, platfom ini memang dinilai mampu menjadi basis kuat dari mobil listrik kecilnya Wuling untuk masyarakat Indonesia. Hal ini tercermin dari hadirnya fitur cerdas yang juga hadir di produk flagship pabrikan, Almaz RS. 

Internet of Vehicle (IoV)

Teknologi  internet yang semakin berkembang pesat digunakan GSEV untuk memungkinkan mobil melakukan pertukaran informasi. Dengan begitu, IoV akan mampu meningkatkan efisiensi mobilitas. 

Pemanfaatannya pun kemudian melahirkan fitur-fitur seperti pengaturan jadwal cas mobil, remote control melalui aplikasi ponsel, serta menjadikan ponsel kita sebagai smart key.

ADAS

Sempat diragukan mengenai fitur keselamatannya, mobil listik mungil ala Wuling nantinya akan dianugerahi paket fitur ADAS. Di antaranya adalah fitur Adaptive Cruise Control, Automatic Emergency Braking, dan Electronic Stabilty Control.

Automatic Parking

Guna mendukung dan mempermudah mobilitas masyarakat urban, platform GSEV juga mampu membuat mobil bergerak sendiri untuk parkir secara otomatis.

Multimedia with Voice Command

Menjamin kenyamanan berkendara, Wuling juga membekali mobil-mobil listrik mungilnya dengan fitur perintah suara pada multimedianya. Tak hanya mempermudah pengoperasian, fitur ini dirasa semakin menegaskan bahwa platform GSEV bukan hanya inovatif tapi juga canggih. (Dms)




Berita Utama


Komentar