Ferrari Tak Tahan juga untuk Ikut ‘Main’ di SUV

Berita Otomotif

Ferrari Tak Tahan juga untuk Ikut ‘Main’ di SUV

MARANELLO – Pendirian Ferrari untuk tak ikut – ikutan ‘main’ di segmen sport utility vehicle (SUV) dilaporkan goyah juga.

Ferrari adalah merek supercar yang dahulu terkenal kukuh tak mengikuti arus tren SUV. Padahal, para kompatriot sekaligus kompetitor mereka seperti Lamborghini, Maserati dan Porsche sudah tergoda dan terjun di segmen tersebut.

Tapi, menurut laporan Carscoops baru – baru ini, pabrikan asal Italia yang punya tim di Formula One (F1) tersebut tak tahan juga untuk ikut main di ceruk ‘lezat’ ini. Mereka sekarang sedang melakukan riset dan pengembangan calon SUV pertama yang oleh tim internal disebut ‘Purosangue’.

Produsen kendaraan berlogo ‘kuda jingkrak’ ini dikabarkan sudah membuat versi prototipe awal dari Purosangue. Mobil yang masih dibungkus oleh stiker kamuflase tersebut sekarang dalam fase tes jalan.

Ferrari Purosangue, SUV Ferrari

Foto – foto Purosangue ketika melibas jalan bersalju di Swiss sudah tersebar. Dengan tampilan yang masih amat disamarkan, calon jagoan baru Ferrari ini terlihat mirip Maserati Levante.

Hanya saja, fascia depannya tampak sedikit lebih panjang. Gril depannya pun seperti diletakkan di posisi yang agak ke bawah.

Pilar A terlihat landai dan ground clearance-nya sepertinya lebih rendah daripada SUV Maserati itu.

Tak hanya gambar – gambar eksterior Purosangue yang kadung terserak di internet. Foto – foto dasbornya pun telah muncul.

Tidak seperti desain luarnya yang sedikit mengingatkan pada Levante, kabinnya benar – benar berbeda. Beberapa yang bisa dicermati dari foto – foto interior adalah keberadaan jam analog maupun lubang pendingin udara (Air Conditioner/AC) berdesain bulat.

Sayangnya, bagian lain seperti layar infotainment masih tak tampak jelas. Ini bisa berarti dua hal yaitu peletakannya memang agak ke bawah atau mungkin layar tersembunyi dan akan keluar jika menyentuh sebuah tombol. Tapi, semua itu baru dugaan.

Purosangue diisukan menjadi suksesor tak langsung dari GTC4Lusso yang sudah ‘disuntik mati’ tahun lalu. Kesamaan keduanya konon dari sektor mesin.

Ferrari Purosangue dengan stiker kamuflase

Calon spesies SUV pertama Ferrari itu dipercaya bakal menyandang mesin 3.9-liter V8 twin-turbocharged seperti yang terdapat pada GTC4Lusso. Hanya saja, kemampuannya ditingkatkan hingga mampu menggelontorkan tenaga maksimal 641 hp atau lebih besar 39 hp dari GTC4Lusso.

Purosangue diisukan pula memiliki varian hybrid, dengan mesin konvensional V6. Belum diketahui, apakah itu hybrid biasa atau plug-in hybrid (PHEV). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar