Ekspor Toyota Naik 30 Persen

Berita Otomotif

Ekspor Toyota Naik 30 Persen

JAKARTA - Ekspor mobil Toyota naik sekitar tiga puluh persen menjadi 115.000 unit sampai kuartal ketiga 2014 jikai dibandingkan periode yang sama tahun lalu sejumlah 89.000 unit.

"Toyota Indonesia tercatat sebagai penyumbang ekspor otomotif terbesar di Indonesia. Berdasarkan data Gaikindo, total ekspor CBU hingga kuartal ketiga tahun 2014 berada di kisaran angka 148.000 unit, sekitar 115.000 unit atau mendekati 80 persen di antaranya berasal dari ekspor mobil bermerek Toyota," kata Warih Andang Tjahjono , Wakil Presiden Direktur TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia).

Keterangan resmi Toyota menjelaskan porsi terbesar ekspor Toyota disumbangkan oleh Toyota Fortuner sebanyak lebih dari 40.000 unit, disusul dengan pencapaian ekspor Avanza yang mendekati 29.000 unit.

Andalan baru ekspor Toyota yaitu Vios mencatatkan angka ekspor sekitar 15.000 unit. Kijang Innova menyumbangkan volume lebih dari 11.000 unit. Model lainnya Yaris, Agya, Rush dan Town Ace membukukan angka mendekati 20.000 unit.

Di samping itu, pada periode Januari-September 2014 TMMIN juga tercatat mengekspor kendaraan dalam bentuk kendaraan terurai/CKD (Completely Knock Down) sekitar 31.000 unit. Ekspor komponen tercatat mencapai 47 juta unit sedangkan ekspor mesin dalam bentuk Engine Assembly tercatat 39.000 unit dan Engine Component mendekati 73.000 unit.

Dari sisi nilai, ekspor Toyota telah mencapai lebih dari USD 12 milyar sejak pengapalan perdana. Hingga bulan September 2014 ini, Toyota mencatatkan nilai ekspor sebesar lebih dari USD 1,4 miliar. Saat ini lebih dari 70 negara di kawasan Asia-Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, Afrika, dan Kepulauan Karibia menjadi daerah tujuan ekspor Toyota. [Ikh/Idr]

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com

 



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual