Edukasi Keselamatan Berkendara, Hino Punya Pusat Pelatihan Mengemudi Truk dan Bus

Berita Otomotif

Edukasi Keselamatan Berkendara, Hino Punya Pusat Pelatihan Mengemudi Truk dan Bus

TANGERANG - PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) mengencangkan suara pesan keamanan dan keselamatan dalam berkendara dengan membagikan beberapa informasi mengenai fasilitas dan program yang dijalankan.

Salah satunya adalah pengadaan fasilitas pusat pelatihan berkendara untuk pengemudi pelanggannya bernama Hino Total Support Customer Center (HTSCC).

Santiko Wardoyo, COO Director PT HMSI, mengatakan sebagai merek yang memegang pangsa pasar 50% lebih segmen medium duty truck dalam 22 tahun terakhir, Hino harus menjadi contoh dalam menjunjung keselamatan berkendara, terutama kendaraan berat macam truk dan bus.

“Kami wajib menjadi yang pertama untuk mengkampanyekan keselamatan di jalan, karena unit kami memang yang paling banyak di sana,” ujar Santiko dalam acara “Hino Peduli Keselamatan Berkendara” di Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (17/8/2022).

“Kami memiliki HTSCC sebagai pusat pelatihan mengemudi, di mana fasilitas ini untuk meningkatkan kesadaran, sikap, pengetahuan, dan keterampilan pengemudi,” lanjutnya.

Dibangun di atas lahan seluas 24 ribu meter persegi di Kota Bukit Indah Purwakarta, Jawa Barat, HTSCC memiliki berbagai macam fasilitas pelatihan berkendara dasar.

Beberapa fasilitas tersebut di antaranya blind spot test area, inspection bay, stop & go, parking parallel, S-shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan safety brake.

Selain itu, dalam gedung HTSCC juga tersedia driving simulator dan ruang kelas untuk peserta pengemudi mendapatkan pelatihan berstandar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sebagai pendukung, peserta dilatih oleh instruktur andal, terlatih, dan sudah bersertifikasi BNSP.

Kurikulum yang diterapkan dalam HTSCC yaitu Hino Smart Driving 300, 500, 700 & Bus, Program Pelatihan Management of Training (MoT), dan Program Sertifikasi BNSP dan MOT, yang mana Hino sudah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi Lembaga Pelatihan Kerja atau disebut LSP – LPK PT HMSI.

Lomba Safety Driving Hino

Selain pusat pelatihan mengemudi, Hino juga mengadakan program lomba keselamatan berkendara untuk para pengemudi pengguna Hino, yang dinamakan Hino Safety Driving Competition.

Kegiatan ini sudah diadakan sejak 2017. Ada total 31 kegiatan digelar di 23 kota besar di seluruh Indonesia. Sebanyak 2.275 peserta pengemudi truk dan bus dari 1.678 perusahaan sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Saat ini Hino menggelar Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC). Pada lomba kali ini, fitur Telematics dari Hino Connect akan dimanfaatkan sebagai alat penilaian peserta lomba sekaligus menjadi bahan evaluasi. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Andrew Barnabas Panggabean

Andrew Barnabas Panggabean

Seorang penulis/penerjemah bahasa Inggris. Memulai karier sebagai Content Writer di Gojek (2017-2019), lalu bergabung ke mobil123.com pada Desember 2021.


Berita Utama


Komentar