DP Mobil Bekas Rp5 Juta Sungguh Ada, Pilihannya Agya Hingga BMW Seri 7

Mobil Bekas

DP Mobil Bekas Rp5 Juta Sungguh Ada, Pilihannya Agya Hingga BMW Seri 7

Mobil bekas dengan DP (Down Payment/uang muka) Rp5 juta ternyata tidak bisa sama sekali dikatakan jelek. Model-modelnya beragam, dari mobil LCGC sampai sedan mewah.

Banyak hal yang bisa ditemui di pasar mobil bekas. Mulai dari model kendaraan terkini hingga yang amat tua, harga yang murah hingga setinggi langit, sampai dengan DP luar biasa rendah.

Misalnya saja DP senilai Rp5 juta. Model-modelnya juga bisa dikatakan mengejutkan, karena tak terbatas pada segmen kendaraan murah saja.

Pemberian DP rendah memang tidak tergantung pada jenis atau pun model kendaraan. Hal ini lebih tergantung kepada kekuatan diler, kekuatan leasing (perusahaan pembiayaan) di belakangnya, pun paket pembiayaan yang disediakan.

Untuk DP mobil bekas Rp5 juta, Anda bisa menemukan mulai dari model low cost green car (LCGC/mobil murah ramah lingkungan) sampai dengan sedan dari merek mewah.

Artikel kali ini akan memberikan bukti mobil-mobil bekas yang diiklankan oleh diler di Mobil123.com dengan keterangan uang muka hanya sejumlah itu.

Akan tetapi, sebelum menuju ke sana, mari mengetahui dahulu mengenai seluk-beluk uang muka kredit kendaraan. Bakal dibahas pula mengenai plus-minus jika Anda mengambil paket kredit yang menawarkan uang muka rendah.

Mengenal DP dan TDP dalam Kredit Mobil

mengenal istilah DP dan TDP dalam kredit mobil

DP atau uang muka, seperti dijelaskan situs Toyota Indonesia, merupakan pembayaran awal sebagai bukti pembelian kendaraan bermotor secara kredit. Umumnya, DP berkisar antara 10-30 persen dari harga jual mobil.

Tapi pembeli sebenarnya tidak membayar DP saja saat mengkredit mobil, melainkan TDP (Total Down Payment alias total uang muka). TDP terdiri dari gabungan antara DP ditambah beberapa biaya tambahan lain.

Ada biaya provisi (jasa kredit), asuransi (jenisnya bisa Total Lost Only atau Comprehensive), maupun angsuran kredit untuk bulan pertama.

Cicilan bulan kesatu sebenarnya bisa juga dipisah dari TDP, tergantung dari kesepakatan awalnya. Skema ini disebut sebagai ADDB (angsuran dibayar di belakang).

Kendati begitu, umumnya faktor tersebut sudah dimasukkan dalam perhitungan. Skema ini diistilahkan sebagai ADDM atau angsuran dibayar di muka.

Kelebihan dan Kekurangan DP Rendah

Meski terkesan memudahkan, DP rendah mempunyai keunggulan-kekurangan. Calon pembeli mobil secara kredit patut mempertimbangan setiap poin kelebihan dan kerugian TDP dalam jumlah kecil, sebelum mengambil keputusan.

Kelebihan

Ada tiga poin kelebihan mengambil kredit mobil dengan DP kecil. Berikut rinciannya sebagaimana dikutip dari situs resmi Suzuki Indonesia:

  • Dapat Lebih Cepat Membeli Mobil

Dengan mengambil DP yang kecil, Anda dapat relatif lebih cepat memiliki mobil. Ini karena modal awal Anda ketika mengakuisisi roda empat incaran menjadi lebih kecil.

  • Punya Cadangan Uang Saat Membeli Mobil

Mengeluarkan DP dalam jumlah minim di awal, si pembeli bisa menyisihkan lebih banyak uang di tabungan. Likuiditas yang lebih baik tersebut tentunya membuat cadangan uang darurat Anda menjadi lebih banyak.

  • Masih Punya Anggaran untuk Perbaikan Mobil

Kelebihan ini sangat sesuai dengan kondisi pasar mobil bekas yang dijejali unit dengan berbagai kondisi. Dengan memilih DP kecil, Anda memiliki anggaran jika ternyata ada aspek-aspek kendaraan yang mesti diperbaiki agar bisa digunakan dengan tenang untuk aktivitas harian.

Kekurangan

Poin-poin kekurangan pun ada tiga. Ini penjabarannya, seperti dikutip dari situs diler mobil Honda Solo Baru:

  • Angsuran per Bulan Lebih Besar

Ini poin pertama DP rendah yang wajib menjadi perhitungan calon pembeli mobil, baik baru maupun bekas, secara kredit. Dengan pembayaran awal yang kecil, cicilan bulanannya menjadi lebih besar. Uang yang mesti Anda siapkan saat membayar kewajiban per 30 hari pun membengkak.

  • Lebih Lama Lunas

Cicilan kendaraan bermotor bakal terasa lebih lama lunas dengan DP rendah. Calon pembeli mesti memiliki kesiapan finansial yang prima saat memilih opsi ini.

  • Pengajuan Kredit Bisa Lebih Lama

Semakin kecil DP, sebenarnya semakin besar pula risiko yang ada di pihak leasing. Oleh karena itu, mereka akan lebih teliti lagi memeriksa latar belakang calon pembeli sehingga proses persetujuan kreditnya pun berpotensi lebih lama.

Mobil Bekas dengan DP Rp5 Juta

Berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber, mobil bekas dengan DP atau TDP Rp5 juta sangat variatif. Ada hatchback atau MPV di segmen LCGC, MPV medium, MPV high, sampai mobil dari merek premium.

Ketika berita ini dibuat, Mobil123.com sendiri memiliki beberapa iklan yang menawarkan TDP Rp5 juta saja. Model-modelnya terdiri dari hatchback LCGC, MPV murah (low MPV/LMPV), hingga sedan mewah.

Ini semua menunjukkan bahwa sebenarnya mobil bekas dengan DP Rp5 juta tak bisa dipatok hanya untuk jenis atau segmen tertentu.

Berikut mobil bekas dengan DP Rp5 juta yang ditawarkan oleh penjual di Mobil123.com.

  • Toyota Agya 2018 Tipe TRD Sportivo MT

Toyota Agya bekas 2018 DP Rp5 juta

Anda yang ingin mobil bekas dengan DP Rp5 juta, cicilan relatif ringan, maupun unit relatif baru bisa memilih LCGC bekas. Seperti Toyota Agya bekas 2018 tipe TRD Sportivo MT.

Di Mobil123.com, ada unit yang diiklankan dengan harga kredit Rp95 juta saja. Unit berwarna bodi hitam ini dijual Rafi Auto Car (Jakarta Timur) dengan TDP Rp5 juta dan opsi angsuran bulanan Rp2,8 juta (tenor 5 tahun) atau Rp3,3 juta (tenor 4 tahun). Pembeli yang siap membayar tunai diberikan banderol Rp105 juta.

  • Toyota Avanza 2015 Tipe E AT

Toyota Avanza bekas 2015 DP Rp5 Juta

Untuk paket TDP ditambah cicilan terbilang ringan, Toyota Avanza model-model sebelum facelift bisa dimasukkan sebagai pilihan. Seperti Avanza bekas 2015 tipe E AT yang dijual Aurel Auto Car (Jakarta Timur) dengan paket DP Rp5 juta dan cicilan bulanan Rp3,63 juta (tenor 4 tahun) ini.

Paket tersebut khusus ditujukan bagi pekerja kantoran yang sudah berstatus karyawan tetap. Ada pula paket-paket lain dengan TDP lebih tinggi.

Tidak disebutkan, berapa harga untuk pembelian secara kredit. Namun, harga untuk pembelian secara tunai Rp113 juta dan masih bisa ditawar.

  • BMW Seri 7 2012 Tipe 730 Li

BMW Seri 7 bekas 2012 DP Rp5 Juta

Bagi Anda yang sedang mencari mobil mewah bekas dan ingin TDP superringan, salah satu iklan di Mobil123.com menawarkan BMW Seri 7 bekas 2012 dengan harga OTR khusus kredit Rp370 juta.

TDP-nya hanya Rp5 juta. Adapun cicilan bulanan dari Seri 7 tipe 730 Li ini adalah Rp14,22 juta-an selama 47 bulan. Penjualnya ialah Aditya Auto yang berlokasi di Bursa Mobil BSD, Tangerang, Banten.

Apapun paket kredit mobil yang nantinya Anda pilih, entah itu DP serendah Rp5 juta atau DP tinggi, hal terpenting adalah memperhatikan manajemen keuangan.

Risiko kredit macet tidak melulu ada pada masyarakat kelas menengah ke bawah, tapi juga pada para konsumen yang termasuk dalam golongan ekonomi menengah ke atas tetapi tak memperhatikan manajemen keuangannya dengan baik. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar