Cara Menabung Efektif untuk Beli Mobil Secara Tunai

Panduan Pembeli

Cara Menabung Efektif untuk Beli Mobil Secara Tunai

JAKARTA – Beli mobil secara tunai bagi sebagian orang adalah hal yang cukup berat, khususnya bagi mereka yang berpenghasilan kurang dari Rp5 juta per bulan.

Meski demikian, hal tersebut bukanlah tidak mungkin untuk dilakukan selama memiliki komitmen menabung yang kuat.

Tentunya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar menabung menjadi lebih efektif, sehingga bisa beli mobil secara tunai.

Fokus Menabung

Pertama adalah fokus pada tujuan menabung. Dengan memiliki tujuan yang jelas seperti membeli mobil, maka semangat dalam menabung akan menjadi lebih tinggi ketimbang hanya sekedar mengumpulkan uang tanpa tujuan.

Beli mobil Cash

Menabung Saat Terima Gaji

Disarankan menabung saat di awal menerima gaji atau rejeki lain.

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, namun menabung uang sisa setelah dibelanjakan umumnya tidak efektif, karena uang sisa biasanya justru lebih sedikit.

Sebaiknya, begitu menerima gaji langsung sisihkan untuk ditabung sekira 10% sampai 20% dari pendapatan.

Pisahkan Tabungan

Pisahkan tabungan untuk beli mobil dengan kebutuhan sehari-hari. Dengan memisahkan tabungan maka akan memudahkan Anda dalam mengatur keuangan, sehingga tidak kelewatan saat melakukan pengeluaran.

Beli Sesuai Kebutuhan

Prioritaskan untuk membeli sesuatu yang memang ditbutuhkan, bukan yang diinginkan. Pasalnya meski murah, membeli sesuatu yang diinginkan belum tentu berguna dan justru hanya akan membebani keuangan.

Beli mobil Cash

Kurangi Jajan

Demikian juga keinginan untuk jajan di luar, sebaiknya dikurangi secara signifikan. Pasalnya jajan di luar, meski terasa kecil pun bila dikumpulkan dalam satu bulan jumlanya akan cukup besar. Tentunya sangat disayangkan bila uang yang dijajankan menguap begitu saja.

Pola Hidup Hemat

Terapkan juga pola hidup hemat, termasuk di rumah. Banyak yang tidak menyadari bahwa kebutuhan rumah sebenarnya masih bisa ditekan. Salah satunya biaya listrik bulanan.

Cukup dengan mematikan lampu saat tidur, mengurangi menonton TV dan sebagainya bisa membuat tagihan listrik menurun.

Beli Mobil Bekas

Bila semua sudah dilakukan, maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan membeli mobil bekas, karena harganya terbilang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan membeli mobil baru.

Jenis kendaraan dan harganya bisa dipilih sesuai kebutuhan serta kemampuan finansial. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar