Divisi Roda Dua Suzuki Berambisi Bangkit

Berita Otomotif

Divisi Roda Dua Suzuki Berambisi Bangkit

TOKYO - Produsen motor Suzuki mengumumkan rencana jangka menengah mereka untuk lima tahun ke depan. Suzuki berharap bisa menjual 2 juta motor di 2019 mendatang.

Rencana jangka menengah ini dibuat sebagai 'pemanasan' sebelum peringatan 100 tahun perusahaan ini di tahun 2020 mendatang.

Salah satu tantangan Suzuki di industri roda dua adalah profitabilitas. Bayangkan saja di 2007 mereka membukukan pendapatan 3,5 triliun yen. Tapi harus anjlok jadi 2,4 triliun di 2009 akibat resesi di 2008.

Baru di tahun fiskal 2014-2015 yang berakhir Maret lalu pendapatan pabrikan Jepang ini kembali bisa menyentuh angka 3 triliun yen.

Namun, jangan salah. Divisi roda dua Suzuki terus merugi sejak resesi di 2008 itu. Bahkan tercatat hanya 1 kali divisi roda dua Suzuki mendapat laba tahunan yakni laba bersih sebesar 100 juta yen di tahun fiskal 2013.

Angka itu tentu sangat kecil dan tidak sebanding dengan kerugian bersih Suzuki yang mencapai 8,8 triliun sejak 2008.

Untuk menggenjot pendapatan, Suzuki pun berencana untuk mengembangkan produk yang menunjukkan karakteristik perusahaan. Suzuki mengatakan akan mengejar "fun-to-ride and easy-to-ride" dengan fokus pada tiga elemen dasar dari sebuah kinerja mmotor: running, cornering dan braking.

Program Suzuki di MotoGP juga akan memainkan peran penting.

Untuk pasar negara maju, Suzuki berencana memperkuat penjualan suku cadang dan aksesoris. Untuk pasar negara berkembang seperti Asia, Suzuki berencana untuk mengkonsolidasikan operasi manufaktur lokal dan memperkuat jaringan penjualan.

Dengan begitu, pada tahun fiskal 2019, Suzuki berharap bisa menjual dua juta sepeda motor di seluruh dunia, naik 13,6% dari 1,76 juta sepeda motor yang mereka jual pada tahun fiskal 2014. [Syu/Idr]

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual