Carlos Ghosn juga Diusulkan Dipecat dari Mitsubishi

Berita Otomotif

Carlos Ghosn juga Diusulkan Dipecat dari Mitsubishi

TOKYO – Kasus yang menimpa Carlos Ghosn tak hanya membuatnya berpotensi dipecat dari jabatan di Nissan, tapi juga Mitsubishi.

Carlos Ghosn, Chairman of the Board Renault, Nissan, Mitsubishi pada Senin (19/11/2018) ditangkap Kejaksaan Distrik Tokyo (Tokyo Distric Public Prosecutors Office). Penyebabnya, sosok di balik terbentuknya aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi yang  menjadi salah satu ‘raksasa’ di jagad otomotif global itu selama bertahun-tahun diduga memberikan laporan keuangan palsu mengenai pendapatannya kepada Bursa Saham Tokyo.

Hiroto Saikawa selaku Chief Executive Officer Nissan Motor Corporation (NMC), seperti diberitakan Mobil123.com sebelumnya, pun mengusulkan kepada Board of Director untuk melengserkannya dari kursi Chairman of the Board serta Representative Director perusahaan tersebut. Hingga berita ini dinaikkan, keputusan final belum dipublikasikan.

Satu-persatu pabrikan yang dipimpin Ghosn kemudian mengambil langkah serupa. Mitsubishi Motors Corporation (MMC), melalui keterangan resmi, memberitahukan pula bahwa pihaknya akan merundingkan pencopotan Ghosn dari dua jabatannya di korporasi berlogo tiga berlian ini.

“Sebagai respons dari penahanan Ghosn karena dugaan pelanggaran hubungan terkait tata kelola serta kepatuhan perusahaan, kami bakal mengajukan kepada Board of Director mengenai pencopotan Ghosn dari posisinya sebagai Chairman of the Board dan  Representative Director MMC. Kami bersiap menginisiasi investigasi internal untuk mencari tahu apakah Ghosn melakukan pula pelanggaran di MMC,” tulis Mitsubishi.

Sekedar mengingatkan, Ghosn menjadi pesakitan di depan hukum Jepang setelah ia dilaporkan kepada manajemen NMC oleh sumber internal (whistle blower). NMC lantas menggelar investigasi selama beberapa bulan belakangan, sebelum akhirnya melaporkan hal ini kepada otoritas hukum di ‘Negeri Sakura’.

Selain diduga memberikan laporan pendapatan palsu, Ghosn diduga menyalahgunakan aset Nissan untuk kepentingan pribadi. Dalam melakukan pelanggaran-pelanggaran ini, Ghosn turut dibantu oleh Greg Kelly, Representative Director NMC.

Berbeda dengan Nissan serta Mitsubishi, Renault belum mengambil sikap terkait kasus yang menimpa Ghosn. Akan tetapi, pabrikan asal Prancis ini di dalam situs resmi mereka telah menjelaskan bahwa mereka berada di sisi aliansi dan segera menyidangkan hal ini dalam waktu dekat.

Di Renault, Ghosn menduduki kursi Chairman of the Board plus Chief Executive Officer. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support