Di Indonesia Renault Kwid Tanpa ABS & EBD

Mobil Baru

Di Indonesia Renault Kwid Tanpa ABS & EBD

JAKARTA - PT Auto Euro Indonesia sebagai APM (agen pemegang merek) Renault di Indonesia meluncurkan Renault Kwid. Harganya tergolong sangat menggiurkan yaitu Rp 117,700 juta (on-the-road Jakarta).

Harga yang ditawarkan tak tanggung-tanggung. Renault Indonesia benar-benar "membenturkan" harganya dengan LCGC yang dijual di Indonesia di kisaran (Rp 80 – Rp 120 jutaan). Artinya city car ini membidik segmen mobil kecil yang saat ini memiliki pangsa pasar sebesar 16,3 persen.

Hal itu tidak bisa dipungkiri jika segmen ini sangat menarik yang tentu saja bisa mendongkrak penjualan Renault di Indonesia.

"Harganya sudah sangat kami pertimbangkan. Di segmen ini didominasi LCGC karena trennya semakin lama semakin meningkat. Tren mobil kecil, atau harga terjangkau akan terus meningkat (di Indonesia)," kata Bambang Subijanto, direktur PT Indomobil Sukses International (Tbk) dalam acara peluncuran Kwid Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Kendati harganya relatif terjangkau, namun Renault Kwid nyatanya minim fitur keselamatan seperti hanya menggunakan satu airbag untuk pengendara. Bagaimana untuk penumpang depan yang biasanya riskan terhadap benturan dari depan?

Untuk hal itu, Renault Indonesia meyakini bahwa Kwid sudah memenuhi standar keselamatan mobil penumpang di India. Dengan kondisi itu, dinilai tidak sulit masuk pasar otomotif Indonesia.

"Mobil ini sudah memenuhi standar keselamatan mobil penumpang di India. Mobil yang dibuat di India sudah melalui beragam test jalan dan sudah memenuhi standar. Jika dipasarkan di negara lain (contoh Indonesia), maka sudah terbukti keandalannya," kata Quincy Govin, Head of Product Strategy ASEAN Renault.

Selain hanya mengandalkan satu kantung udara, Kwid juga tidak dilengkapi sistem rem ABS dan EBD.  

Dalam uji tabrak Global NCAP, pengujian pertama Kwid mendapat zero bintang keselamatan. Pada pengujian kedua plus satu airbag, mini crossover ini cuma dapat satu bintang untuk perlindungan dewasa dan satu bintang perlindungan anak. [Ikh]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support