Dalam Waktu Dekat, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Diproduksi Lokal

Berita Otomotif

Dalam Waktu Dekat, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Diproduksi Lokal

JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Sales memastikan bahwa pihaknya akan memproduksi Suzuki Ertiga diesel hybrid bertransmisi manual dan matic di Indonesia.

Jumlah penjualan yang terbilang cukup memuaskan membuat PT SIS mengambil inisiatif memproduksi Tercatat, sejak pertama kali diluncurkan, Suzuki telah menjual lebih dari 900 unit Ertiga diesel hybrid dan dipastikan akan terus bertambah.

“Sejak diluncurkan, Ertiga diesel hybrid sudah dijual sebanyak lebih dari 900 unit. Jumlah tersebut 70 persennya adalah di luar Jabotabek. Hal ini wajar karena kalau mau kejar Jakarta harus ada matic. Karena saat ini hanya ada manual, jadi lebih banyak di luar Jabotabek,” ungkap Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Sayang, Ia enggan untuk menyebutkan kepastian waktu diproduksinya Ertiga diesel hybrid di Indonesia. Beragam pertimbangan masih terus dilakukan untuk memastikan produksi Ertiga diesel hybrid tidak mengalami kendala.

“Saya hanya bicara kalau kita sudah pasti akan melakukan lokalisasi Ertiga diesel hybrid manual dan mactic dalam waktu dekat. Produksi akan dilakukan di Cikarang,” tegas Donny.

Dengan diproduksinya Ertiga diesel hybrid di Indonesia maka harga dari Ertiga Diesel diharapkan akan mengalami penurunan. Namun, jumlah penurunan harga tersebut disebut masih dalam perhitungan tim Suzuki.

“Ya sudah pasti lebih murah, sebab tidak ada biaya pengiriman dan sebagainya. Sudah dihitung tapi hitungannya nanti dulu. Produk masih dikembangkan masa sudah ada harga? Pokoknya dalam waktu dekat ini,” tutupnya.

Suzuki Ertiga diesel hybrid pertama kali diluncurkan di Indonesia awal tahun ini. Meski PT SIS sudah memproduksi Ertiga bensin secara lokal, namun khusus Ertiga diesel matic masih diimpor utuh dari India. Hal ini memang bukan hal aneh mengingat pada awal pelucuran Ertiga bensin di Indonesia, PT SIS masih mengimpornya dari India.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid dilengkapi mesin diesel common rail berkapasitas 1.3 liter dengan tenaga 88 Hp pada 4.000 rpm dan torsi maksimal 200 Nm yang hadir di 1.750 rpm. Tak lupa, Suzuki menggandang teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) pada mesin diesel ini.

Variabel utama dari SHVS adalah ditanamnya Integrated Starter Generator (ISG). Perangkat ini yang seterusnya membuat New Ertiga Diesel memiliki fitur engine start stop dan dapat diaktifkan atau tidak seusai kebutuhan oleh pengemudi melalui tombol di dalam kabin.

Fungsi utama ISG sendiri adalah menggantikan sistem motor starter konvensional berikut generator dan flywheel. ISG akan secara otomatis menghentikan kerja pada ruang bakar saat kendaraan idle atau statis dalam jangka waktu tertentu. Dan selanjutnya dapat menghidupkan mesin sepersekian detik saat pedal kopling diinjak. [Adi/Adi]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support