Daihatsu Tepis Isu Terios Bakal Susul Gran Max Terkena Recall

Berita Otomotif

Daihatsu Tepis Isu Terios Bakal Susul Gran Max Terkena Recall

JAKARTA – Daihatsu mengklaim recall yang menimpa Gran Max dan Luxio tidak akan menimpa Terios.

Seperti diketahui, pada 1 November lalu Daihatsu mengumumkan recall (penarikan dan perbaikan gratis) terhadap Gran Max dan Luxio periode produksi Maret 2018 sampai dengan April 2019 karena potensi kerusakan pada mesin 1.5-liter 3SZ. Total unit yang terkena recall mencapai 36.915 unit.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan setelah pengumuman muncul isu dan kekhawatiran bahwa Terios pun segera terkena recall antara lain karena kesamaan kapasitas mesinnya. Hal ini dibantah mentah-mentah oleh dia yang mengatakan mesin Terios berbeda.

“Enggak ada. Hanya Gran Max (dan Luxio) saja,” tandas dia usai konfrensi pers Daihatsu Astec Open 2019 pada Kamis (7/11/2019) di Senayan, Jakarta.

Benarkan demikian? Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, All-New Terios yang meluncur pada akhir 2017 memiliki kode 2NR VE. Sementara, Terios versi sebelumnya memang berkode mesin 3SZ, tepatnya 3SZ-VE.

Jika pernyataan Daihatsu benar, ada kemungkinan komponen-komponen yang digunakan pada mesin Terios, khususnya yang versi lama, sudah berbeda dengan Gran Max maupun Luxio di dalam kampanye recall. Apalagi, unit-unit yang dipanggil ke bengkel masih relatif baru karena baru diproduksi pada Maret 2018 hingga April 2019.

Recall Gran Max maupun Luxio sendiri karena temuan potensi kerusakan pada sektor connecting rod untuk unit-unit di masa periode tersebut. Sebagai bentuk tanggung jawab kepada konsumen, merek asal Jepang ini ‘memanggil pulang’ seluruh unit.

Daihatsu bakal melakukan overhaul (turun mesin) untuk melakukan perbaikan. Karena itu, waktu perbaikan cukup lama yaitu hingga 14 jam.

Program ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan tanggung jawab kami dalam memastikan mobil yang sudah menjadi milik pelanggan pun tetap terjaga keamanan dan kenyamanannya. Bagi pelanggan yang mobilnya termasuk dalam daftar program recall, silahkan bawa ke bengkel resmi Daihatsu terdekat, kami siap menyambut kedatangan pelanggan,” ujar Amelia dalam konferensi pers recall. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support