Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daihatsu Temui Tantangan dalam Recall Gran Max dan Luxio

Berita Otomotif

Daihatsu Temui Tantangan dalam Recall Gran Max dan Luxio

JAKARTA – Daihatsu menjelaskan recall Gran Max dan Luxio yang merupakan kendaraan komersial lebih sulit daripada recall kendaraan penumpang.

Sekadar mengingatkan, pada 1 November kemarin Daihatsu mengumumkan recall (penarikan dan perbaikan gratis) untuk Gran Max dan Luxio periode produksi Maret 2018 - April 2019. Secara total, terdapat 36.915 unit untuk keduanya.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), saat diwawancarai pada Kamis (7/11/2019), menjelaskan bahwa sudah 800 konsumen yang mereka hubungi. Adapun unit yang masuk bengkel baru 40-an unit dan semuanya adalah Gran Max.

“Daihatsu berinisiatif menelpon dan menanyakan ke mereka kapan ada waktu kosong,” pungkas dia.

Menurut Amel, pihaknya menemukan tantangan dalam recall terkini. Pasalnya model-model yang terkena recall terus digunakan oleh para pemiliknya untuk usaha.

Ini membuat mereka sulit meluangkan serta mengatur waktu membawa mobil-mobil tersebut ke bengkel.

“Uniknya, oleh para pemiliknya mobil ini dipakai bisnis. Kalau mobil penumpang lebih gampang membujuknya. Kalau untuk bisnis, tergantung karena mau dipakai cari duit dulu,” ujar dia.

Daihatsu sendiri menegaskan kampanye recall Gran Max plus Luxio tidak memiliki batas waktu. Recall bakal berlangsung hingga seluruh unit masuk ke bengkel.

“Kalau unitnya sedikit dan kerjanya (perbaikannya) enggak banyak, dalam dua tahun bisa 98 persen. Seperti recall Sirion dulu,” aku dia.

Pengerjaan dalam recall Gran Max plus Luxio sendiri cukup banyak karena teknisi mesti melakukan overhaul (turun mesin). Adapun potensi kerusakan terjadi pada Connecting Rod mesin 1.5-liter 3SZ yang berada di sistem penggerak kedua model.

Dengan tingkat pekerjaan sedemikian, waktu perbaikan sangat memakan waktu. Prosesnya hingga selesai mencapai 14 jam.

“Semua ditanggung Daihatsu karena ini jadi tanggung jawab kami. Kami enggak menganggap ini kerugian, tapi investasi untuk mendapatkan keyakinan masyarakat indonesia pada Daihatsu,” tandas Amel.

Sebagai salah satu upaya untuk mendorong jumlah unit yang di-recall masuk bengkel, Daihatsu akan memberikan voucer paket ganti oli kepada para konsumen yang sudah melakukannya. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang