Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daihatsu Puas dengan Penguasaan Pasar SUV Murah Rocky

Berita Otomotif

Daihatsu Puas dengan Penguasaan Pasar SUV Murah Rocky

TANGERANG – Penjualan Daihatsu Rocky secara volume diakui belum mencapai target. Tapi, pangsa pasar sport utility vehicle (SUV) murah ini sudah cukup memuaskan Daihatsu.

Sekadar mengingatkan, Rocky meluncur pada April 2021 dengan mengusung mesin bensin 1.0-liter turbo terlebih dahulu. Lalu, dua bulan setelahnya, giliran Rocky 1.2-liter bensin yang hadir.

Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan target penjualan Rocky adalah 1.500 unit per bulan. Namun, rata-rata transaksi jual-belinya hingga kini kurang-lebih masih 1.000 unit tiap bulan.

Meski begitu, penguasaan pasar Rocky di segmen low SUV (LSUV) lima penumpang diklaim terus meningkat. Ia mengklaim market share alias pangsa pasar Rocky pada Januari-Juli 2022 mencapai 31 persen.

“Apa itu bagus? Tentu harus ada pembandingnya. Di segmen ini, kakak kandung Rocky yaitu Toyota Raize punya market share 66 persen. Jadi, kalau kami 31 persen, berarti hampir satu banding dua. Berdasarkan pengalaman, untuk sebuah produk kolaborasi, itu adalah komposisi yang sangat bagus,” papar dia merespons pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, 11-21 Agustus kemarin di Serpong, Tangerang.

Sebagai informasi, Rocky dan Raize memang menjadi produk kolaborasi terkini dari Toyota-Daihatsu. Dua model SUV murah lima penumpang ini diproduksi di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sebelum itu, sudah ada Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, Toyota Rush-Daihatsu Terios, Toyota Agya-Daihatsu Ayla, plus Toyota Calya-Daihatsu Sigra. Seluruh model yang disebut dibuat di pabrik ADM.

Dalam GIIAS 2022, Daihatsu merilis versi penyegaran model dari Rocky meskipun usianya belum 1,5 tahun. Fokus perubahan terdapat pada tampilan eksterior.

Adapun harga on the road (OTR) Jakartanya kini berkisar dari Rp205,2-272,6 juta.

Menurut Hendrayadi, ini dilakukan dengan mempertimbangkan masukan para konsumen di segmennya yang menyukai tampilan sporty. Pertimbangan desain eksterior juga menjadi pertimbangan utama mereka dalam memilih kendaraan.

“Karena ini menjadi faktor utama, kami sangat memperhatikannya dan mendengarkan suara pelanggan. Setelah meluncurkan (Rocky) kami melakukan survei dan belum 1,5 tahun sudah melakukan penyegaran model,” tukas Hendrayadi. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang