GIIAS 2018 Sementara Diisi 27 Merek Mobil dan 10 Merek Motor

Berita Otomotif

GIIAS 2018 Sementara Diisi 27 Merek Mobil dan 10 Merek Motor

JAKARTA – Sebanyak 27 merek mobil dan 10 merek sepeda motor sementara ini dipastikan mengikuti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Jumlah tersebut kemungkinan masih akan bertambah.

GIIAS 2018 bakal berlangsung pada 2 – 12 Agustus di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. Tema GIIAS edisi tahun ini adalah ‘Beyond Mobility’ yang menunjukkan bahwa kendaraan bermotor telah berevolusi dari sekadar alat transportasi menjadi sebuah kontribusi yang dapat mendorong percepatan kualitas kehidupan manusia.

“Sementara ini sudah ada 27 merek mobil yang bakal hadir, 21 merek kendaraan penumpang dan 6 merek kendaraan komersial,” kata Ketua Panitia Penyelenggara GIIAS 2018 Rizwan Alamsjah di dalam konferensi pers, Selasa (22/5/2018) malam di Jakarta.

Dari 27 merek, sebanyak 14 di antaranya merupakan merek Jepang. Rinciannya adalah Daihatsu, Nissan, Datsun, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Hino, Honda, Isuzu, Astra Isuzu, Lexus, Toyota, Mazda, Suzuki, UD Trucks.

Merek-merek Eropa meramaikan lewat Audi, BMW, Mercedes-Benz, MINI, Porsche, Renault, Volkswagen (VW). Merek Amerika Serikat, India, plus Korea Selatan diwakili oleh Chevrolet, Tata Motors, dan Hyundai. Terakhir, ada tiga merek Cina yaitu Wuling, Dongfeng Sokon (DFSK), FAW.

Project Director Seven Event Agus Riyadi menambahkan bahwa terdapat pula 10 merek motor yaitu Benelli, BMW Motorrad, Harley-Davidsdon, Honda, Kawasaki, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, hingga Viar. Ia mengungkapkan ke depannya kemungkinan masih ada merek mobil maupun motor tambahan.

“Mudah-mudahan kami bisa menambah dua sampai tiga merek lagi untuk mobil dan dua merek lagi untuk motor,” papar Agus.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengharapkan jumlah pengunjung GIIAS 2018 tidak jauh berbeda dengan raihan tahun lalu sebanyak 22 ribu orang. Sementara, nilai transaksi diharapkan naik 2-5 persen dari edisi sebelumnya yang berjumlah Rp 7 triliun. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar