Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Chevrolet punya Sebutan Unik untuk Mesin Corvette ZR1

Berita Otomotif

Chevrolet punya Sebutan Unik untuk Mesin Corvette ZR1

DETROIT – Chevrolet beri kode unik untuk mesin yang disematkan pada Corvette ZR1.

Setiap pabrikan mobil pada umumnya memberikan kode untuk masin-masing mesin yang diproduksinya. Kode tersebut kerap dijadikan sebutan untuk para pemiliknya. Bahkan tidak jarang menjadi julukan khusus dari penggemarnya.

Chevrolet kembali memproduksi mobil berperforma legendarisnya yakni ZR1. Supercar tersebut menggunakan mesin LT5, 6,2-liter supercharged V8. Dikatakan bahwa mobil berperforma itu mampu menghembuskan tenaga maksimal sebesar 755 hp, dengan torsi puncak hingga 969 Nm. Kendaraan ini juga mampu dipacu hingga kecepatan maksimal 337 kpj.

Dengan menggunakan mesin paling baru, Corvette generasi baru mampu menekan penggunaan bahan bakar hingga 52 persen lebih efisien dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini berkat penggunaan sistem dual-fuel-injection, bukan twin turbo seperti yang diprediksi banyak orang.

Pada Corvette ZR1, pabrikan mobil asal negeri Paman Sam tersebut memberikan sebutan unik untuk mesin barunya. Kepada Automotive News, Chief Engineer Corvette Tadge Juecther mengatakan bahwa kode untuk jantung mekanis terbarunya adalah BAS.

Jika merujuk penggunaan supercharger pada Corvette ZR1, kode tersebut dapat diartikan Belt Alternator System. Sebutan yang telah disematkan pada mesin-mesin diesel mereka. Namun itu tidak sepenuhnya benar, karena beberapa pihak mengatakan bahwa BAS, memiliki arti Big Ass Supercharger.

Akronim terakhir terasa lebih pantas, karena untuk menggali kemampuan mesin yang mampu memuntahkan tenaga hingga 755 hp, dibutuhkan supercharger yang cukup besar. Terlebih komponen peningkat daya tersebut hanya digunakan satu untuk sebuah mesin berkonfigurasi V8. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Reporter

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang