Cara Membaca Kode Ban

Panduan Pembeli

Cara Membaca Kode Ban

JAKARTA – Ban memiliki peranan penting dalam hal keselamatan berkendara. Namun tidak banyak orang paham akan kode yang terdapat pada dinding ban.

Banyak beredarnya jenis ban di pasaran, terkadang membuat calon pembeli menjadi bingung. Terlebih setiap produsen ban mengklaim produknya merupakan yang terbaik.

Jika Anda berencana untuk membeli ban, jangan asal melihat dari alurnya saja. Perhatikan enam kode ban, sebelum Anda menentukan pilihan.

Kode pada dinding atau tepian ban memiliki arti masing-masing. Umumnya kode yang tercantum pada bagian ban tersebut seperti 215/70R17 94S. Mari kita bahas masing-masing dari kode tersebut.

215
Angka pertama yang akan kita bahas adalah lebar ban dalam satuan milimeter (mm). Mengacu pada angka tersebut, maka si kulit bundar tersebut memiliki lebar 215 mm.

70
Angka kedua pada kode ban ini menunjukkan Aspek Rasio yang biasanya menggunakan persentase (%). Aspek rasio ini merupakan perbandingan antara tinggi dan lebar ban di kali 100%. Jika tertera demikian maka Aspek Rasio ban tersebut yakni 70%.

R
Kode yang satu ini menunjukkan konstruksi sebuah ban. Kode seperti ini menandakan bahwa ban Anda memiliki konstruksi radial. Produsen ban memiliki berbagai konstruksi, namun umumnya mobil baru menggunakan konstruksi radial.

17
Angka ini menunjukkan diameter pelek yang bisa digunakan. Sehingga pelek yang bisa dipasang pada ban tersebut harus memiliki diameter 17”. Jika Anda mencoba dengan angka yang berlainan, maka dijamin ban tersebut tidak pas dengan pelek yang ada.

94
Menunjukkan Indeks Beban (Load Index/Li), yang menjadi indikator batas maksimum muatan beban yang sanggup ditopang sebuah ban. Li memiliki pakem ukuran yang sudah tertera, dengan angka 94 maka tiap ban ini mampu menahan beban hingga 670 kg.

S
Menunjukkan simbol batas kecepatan yang dianjurkan untuk ban tersebut. S artinya kecepatan maksimal 180 km/jam. Ada juga ban yang berkode Q yang artinya kecepatan maksimal 160 km/jam, H (210 km/jam), dan jika berkode V (240 km/jam). [Dew/Syu]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support